Kopertis dorong PTS buka program pascasarjana

id pts, kopertis, pascasarjana, perguruan tinggi, Slamet Widodo

Kopertis dorong PTS buka program pascasarjana

Rancangan pembanguna gedung perguruan tinggi swasta di kawasan Plaju Palembang. (Foto antarasumsel.com/Yudi Abdullah/12)

Palembang (Antarasumsel.com) - Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah II Sumbagsel mendorong perguruan tinggi swasta di wilayah kerjanya melakukan pengembangan dengan membuka program pascasarjana.

"Perguruan Tinggi Swasta di lingkungan Kopertis Wilayah II sekarang ini tercatat 216 lembaga, DAN hanya sebagian kecil yang memiliki program pascasarjana," kata Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah II Sumbagsel Slamet Widodo, di Palembang, Kamis.

Selain mendorong pengembangan program studi, pihaknya juga mendorong peningkatan sumber daya manusia/tenaga dosen PTS ke jenjang strata tiga (S3) atau doktor dan meraih gelar profesor serta mengembangkan riset berskala internasional.

"Idealnya setiap lembaga pendidikan tinggi memiliki guru besar dan untuk mencapai kondisi ideal tersebut, kami akan terus melakukan pembinaan dan meningkatkan pengawasan PTS agar berjalan sesuai dengan ketentuan," ujarnya lagi.

Dia menjelaskan, PTS di wilayah ini akan terus didorong untuk maju dan berkembang, sehingga dapat menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing tinggi.      

Secara umum kondisi PTS di Sumbagsel cukup baik dan telah menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi atau pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat sesuai ketentuan.

Untuk mendorong pengembangan PTS, pihaknya terus berupaya melakukan pembinaan dan menerima masukan sebagai bahan pertimbangan menentukan kebijakan.

Masukan dari PTS akan dicarikan solusi untuk menentukan kebijakan yang dapat mendorong para dosen di PTS melakukan pengembangan diri, meningkatkan kualitas dan pendidikan yang dapat memenuhi persyaratan untuk menjadi guru besar/profesor, kata Widodo.