Minggu, 23 Juli 2017

Dewan kesenian metro gelar pameran seni rupa

id Dewan Kesenian Metro, menggelar Liga Teater Pelajar, pameran seni rupa, Point of Interest, Gedung Nuwo Budayo
Dewan kesenian metro gelar pameran seni rupa
Ilustrasi (Facebook dkmmetro)
Bandarlampung (Antarasumsel.com) - Dewan Kesenian Metro pada penghujung tahun 2016 tak hanya menggelar Liga Teater Pelajar tetapi juga menyiapkan gelar pameran seni rupa bertajuk "Point of Interest".

"Pameran seni rupa itu bakal digelar di Gedung Nuwo Budayo, Metro, 13-16 Desember mendatang," kata Ketua Umum Dewan Kesenian Metro (DKM) Riffian Cheppy, dalam penjelasan di Metro, Lampung, Jumat.

Dia menjelaskan, pameran seni rupa itu bertujuan menjaga konsistensi para perupa Lampung untuk terus berkarya.

Event tahunan itu, katanya lagi, untuk merangsang muncul pelukis baru. "Makanya kami juga memberikan ruang untuk para pelajar dan mahasiswa memamerkan karyanya," ujar Riffian yang juga Kabid Kebudayaan pada Dinas Disdukpora Kota Metro itu pula.

Lebih lanjut dikatakannya, biasanya selama ini pelajar dan mahasiswa hanya sebagai apresiator, pada pameran kali ini mereka meresponsnya dengan menggelar karya.

Pada event itu juga diadakan workshop untuk para pelajar dan mahasiswa dengan pemateri para pelukis Lampung.

Ketua pelaksana kegiatan Firmansyah SPd mengatakan, pameran ini mengusung tajuk "Power of Interest" untuk mengukur sejauh mana para perupa Lampung merespons kondisi Indonesia saat ini di atas permukaan tampak begitu bergejolak, walau mungkin dalam kondisi yang sebenarnya efeknya tak begitu terasa di masyarakat luas.

Sebagian elite politik dan masyarakat politik sebagaimana dilansir media, sangat gampang digoyang isu dan juga konternya yang bermakna kepentingan. "Bagaimana perupa menyikapi fenomena ini dengan perspektif dan sikap estetik dalam karya lukisnya," ujar Firmansyah lagi.

Pameran ini bersifat open call alias undangan terbuka untuk perupa Lampung yang berminat bisa mengirimkan foto karya, konsep karya, biodata dan foto diri ke email panitia pameran Point of Interst: ngegham_jejamo@yahoo.co.id, paling lambat 5 Desember 2016.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga