Benfica dan Napoli berupaya amankan tiket fase gugur

id Liga Champions, Benfica, Napoli, mereka tersingkir, sepakbola, eropa, fase grup

Benfica dan Napoli berupaya amankan tiket fase gugur

Liga Champion (Antarasumsel.com/Grafis)

Lisbon (Antara/Reuters) - Setelah menyia-nyiakan sejumlah peluang untuk mengunci posisi di fase gugur, Benfica dan Napoli menghadapi pertarungan di Liga Champions pada Selasa dengan mengetahui bahwa mereka akan harus menyalahkan diri mereka sendiri jika mereka tersingkir.

Pertandingan Grup B dapat dianggap sebagai salah satu pertandingan terbesar pada pekan terakhir di fase grup namun, kedua tim harus mempertaruhkan segalanya dengan Besiktas mengincar satu posisi di belakang mereka.

Posisi Napoli kelihatannya hanya sebagai formalitas setelah mereka memenangi dua pertandingan pertamanya di grup, dan bahkan mereka semestinya dapat mengamankan tempatnya pada pertandingan ketiga mereka.
Kini setelah dipastikan tidak diperkuat penyerang Arkadiusz Milik yang cedera, kampanye mereka keluar jalur dan mereka hanya memiliki dua angka dari tiga pertandingan mereka setelahnya, termasuk hasil imbang tanpa gol saat berhadapan dengan Dynamo Kiev bulan lalu.

Sementara itu, Benfica menyia-nyiakan keunggulan 3-0 di markas Besiktas dan ditahan imbang 3-3 pada pertandingan terakhir mereka, gagal meraih kemenangan yang akan membawa mereka melaju.

Sang juara Portugal juga kemasukan gol di menit terakhir ketika mereka ditahan imbang 1-1 oleh Besiktas, pada pertandingan pertama mereka dengan tim Turki itu di fase grup.

Sebagai hasilnya, kedua favorit grup ini menuju pertandingan Selasa dengan selevel delapan angka dari lima pertandingan, sedangkan Besiktas, yang menghadapi lawatan berat untuk menyingkirkan Dynamo Kiev, tertinggal satu angka di belakang dan masih dapat menjuarai grup.

Hasil imbang akan cukup untuk membawa Napoli melaju berkat keunggulan rekor head-to-head mereka sebab mereka mengantungi kemenangan 4-2 atas Benfica, sedangkan tim Portugal itu harus meraih kemenangan untuk menghindari ketergantungan pada hasil pertandingan lain.

Kedua tim akan lolos jika Besiktas kalah namun klub asal Istanbul itu, untuk bagian mereka sendiri, harus menang atas Dynamo untuk dapat lolos tanpa harus mencemaskan hasil pertandingan Benfica melawan Napoli.

Sebanyak 12 tiket dari fase 16 besar telah diamankan dan tim-tim lain yang akan bermain pada Selasa di Grup A, C, dan D, telah mengetahui mereka akan lolos atau tidak.

Napoli menikmati kemenangan 3-0 atas Inter Milan di Liga Italia pada Jumat ketika mereka mampu menemukan kembali permainan sepak bola mengalir, yang mereka mainkan pada awal musim.

Benfica, di sisi lain, menelan kekalahan perdananya di liga musim ini ketika mereka takluk 1-2 di markas Maritino, meski mereka masih unggul dua angka atas Sporting di puncak klasemen.  
"Kekalahan kadang harus terjadi, namun kami tahu bahwa pada Selasa kami memiliki pertandingan kandang yang harus kami menangi," kata pelatih Rui Vitoria. "Tidak ada waktu untuk menyesal."
(H-RF)