Subsidi tol laut Rp380 miliar pada 2017

id kemenhub, tol laut, anggaran tol laut

Subsidi tol laut Rp380 miliar pada 2017

Kapal Tol Laut (ANTARA /M Agung Rajasa)

Jakarta (Antarasumsel.com) - Pemerintah menetapkan besaran subsidi untuk program Tol Laut Kementerian Perhubungan bagi 11 trayek pada 2017 yaitu Rp380 miliar.

"Anggarannya sudah diketok palu, sudah disahkan," kata Direktur Lalu Lintas Angkutan Laut Kementerian Perhubungan Bay M Hasani usai konferensi pers kesiapan angkutan laut dalam menghadapi Libur Natal dan Tahun Baru 2017 di Jakarta, Rabu.

Bay mengatakan besaran anggaran Rp380 miliar tersebut, meliputi enam trayek yang sudah ada (eksisting) di 2016 dan lima trayek yang akan dibangun pada 2017.

Rinciannya, dia menyebutkan, untuk enam trayek yang sudah dibangun di 2016, yaitu Rp220 miliar, sementara untuk lima trayek baru sebesar Rp160 miliar.

"Trayek itu termasuk tiga 'crossing' (pemotongan trayek yang sudah ada) dan dua jalur baru," katanya.

Dia mengatakan nantinya lima trayek akan dilelang seluruhnya, kepada swasta dan sampai akhir tahun ini akan dilakukan lelang tidak mengikat.

"Untuk tanda tangannya tetap di Januari 2017 mengikuti tahun anggaran, (prosesnya) tidak sampai satu bulan," katanya.

Enam trayek tol laut yang sudah ada, di antaranya Trayek 1( T-1) Tanjung Perak-Wanci-Namlea-Fak Fak-Kalimana-Timika PP, T2: Tanjung Perak-Kalabahi-Moa-Saumlaki-Dobo-Merauke PP, T3: Tanjung Perak-Maumere-Larantuka-Lewoleba-Rote-Sabu-Waingapu (PP), T4: Tanjung Perak-Bau Bau-Manokwari-Wasior-Nabire-Serui-Biak (PP), T5: Makassar-Tahuna-Lirung-Morotai-Tobelo-Tidore-Babang (PP) dan T6: Tanjung Priok-Tarempa-Natuna-Pontianak-Tanjung Priok.

Sementara itu, lima trayek baru, di antaranya trayek Trayek 7 (T-7) pemotongan atau "crossing" dari T-4, yaitu Tanjung Perak-Bau Bau- Manokwari-Wasior-Nabire-Serui-Biak (PP), T-8: Tanjung Perak-Belang Belang-Sangatta-Sebatik-Tanjung Perak, T-9: Tanjung Perak-Kisar-Namrole-Gebe-Maba (PP), T-10 pemotongan atau "crossing" dari T-1: Tanjung Perak-Wanci- Namlea-Fak Fak-Kaimana-Timika (PP) dan T-11 pemotongan dari T-2: Tanjung Perak-Kalabahi-Moa-Saumlaki-Dobo-Merauke (PP).