Sumsel siapkan bantuan untuk gempa Aceh

id gempa, korban gempa, bantuan sumsel, bantuan gempa, Belman Karmuda, dinsos

Sumsel siapkan bantuan untuk gempa Aceh

Warga berjalan di atas bangunan ruko yang runtuh akibat gempa 6.5 SR, di Meuredu, Pidie Jaya, Aceh, Rabu (7/12/2016). Kabupaten Pidie Jaya dan sekitarnya diguncang gempa 6.5 SR yang berpusat pada 5.19 LU-96.36 BT, 18 kilometer timur laut Kabupaten Pi

Palembang (Antarasumsel.com) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menyiapkan bantuan untuk korban bencana gempa di Aceh dan bila diminta pihaknya segera mengirimkan.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial Sumsel Belman Karmuda di Palembang, Kamis mengatakan, pihaknya sudah ada cadangan kebutuhan pokok pada gudang di Kabupaten Ogan Ilir.

Apalagi gudang tersebut persediaannya untuk membantu kebutuahan masyarakat yang memerlukan termasuk wilayah Sumatera, kata dia.

"Jadi Sumsel siap membantu bila diminta untuk korban gempa di Aceh tersebut," ujar dia.

Namun, ujar dia, sekarang ini masalah gempa tersebut masih dapat ditanggulangi provinsi tersebut sehingga permintaan belum ada.

Dia mengatakan, umumnya bantuan diberikan dari kabupaten dan provinsi terdekat pada lokasi bencana sehingga Sumsel belum diminta untuk membantu.

Yang jelas, pihaknya telah mepersiapkan diri dan bila sesuatu diminta pihaknya siap membantu, kata dia.

Apalagi Dinas Sosial berkewajiban untuk membantu para korban bencana karena itu sudah ada aturannya, ujar dia.

Dalam kesempatan itu pihaknya menyampaikan rasa prihatin atas musibah tersebut dan diminta para korban tabah dalam menghadapi cobaan tersebut.

Sebagaimana Aceh dilanda Gempa bumi berkekuatan 6,4 skala richter (SR) pada Rabu sekitar pukul 5.03 WIB dan gempa tersebut tidak menyebabkan terjadinya tsunami.