Dishub pasang 75 pembatas jalan atasi kemacetan

id dishub, dishub oku, pembatas, separator, macet, lalulintas, jalan macet

Dishub pasang 75 pembatas jalan atasi kemacetan

Ilustrasi - Suasana kemacetan arus lalulintas di jalan lintas timur (Foto Antarasumsel.com)

Baturaja (Antarasumsel.com) - Dinas Perhubungan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan memasang sebanyak 75 separator atau pembatas jalan sebagai upaya untuk mengatasi kemacetan arus lalu lintas kendaraan di Kota Baturaja.

Pemasangan separator itu sudah dilakukan sejak awal Oktober lalu dengan harapan arus lalu lintas kendaraan di beberapa titik di pusat kota tidak lagi terjadi kemacetan, kata Kepala Dinas Perhubungan Ogan Komering Ulu (Kadishub OKU) Firmansyah di Baturaja, Kamis.

Ia menjelaskan, pemasangan separator itu akibat kepadatan arus kendaraan, sehingga sering terjadi kemacetan di sejumlah titik di pusat Kota Baturaja.

Pemasangan separator tersebut di antaranya di pertigaan Ramayana, jembatan Ogan III, eks patung tugu beras Pasar Atas, di seputaran Jalan A Yani , pertigaan kantor Pos, serta di seputaran jalan pasar Baru Baturaja.

Menurut dia, pemasangan separator tersebut sengaja dilakukan untuk membantu pihak Satlantas Polres OKU dalam upaya pengaturan jalan akibat padatnya kendaraan yang melintas.

"Separator yang dipasang berjumlah 75 unit bantuan dari pihak swasta yakni CV Warna Agung dalam upaya berpartisipasi membantu pengaturan jalan di Kota Baturaja," kata Firmansyah.

Selain untuk membantu pihak Satlantas dalam pengaturan jalan, pemasangan separator juga untuk mengatur beberapa titik jalan yang ramai kendaraan menjadi satu arah, seperti di depan pertigaan kantor Pos Baturaja.

"Selain itu juga untuk membantu penataan parkir, seperti di dekat Pasar Baru dengan dipasang separator yang diharapkan persoalan kemacetan arus kendaraan dapat diatasi sedikit demi sedikit," katanya.