8.000-an korban gempa Pidie jaya sudah tertangani

id pidie jaya, aceh, posko tanggap darurat, korban kempa, aktifits masyarakat, kantor, pelayanan publik,

8.000-an korban gempa Pidie jaya sudah tertangani

Petugas medis menangani warga korban gempa Pidie, di RSUD Tengku Chik Ditiro, di Sigli, Pidie. (ANTARA News/Irwansyah Putra/Ang)

Meureudu, Aceh (Antarasumsel.com) - Plt. Gubernur Aceh Soedarmo menyatakan, sebanyak 8.000-an korban gempa bumi yang menguncang Kabupaten Pidie Jaya sudah tertangani dengan baik.

"Jumlah korban gempa sekitar 8.000-an sudah tertangani dengan baik," kata Plt. Gubernur Aceh saat mendampingi Mendagri Tjahjo Kumolo ketika berkunjung ke posko tanggap darurat di halaman Kantor Bupati Pidie Jaya, Kamis.

Menurut jenderal bintang dua itu semua korban gempa yang mengalami luka berat dan ringan sudah dievakuasi dan tertangani dengan baik oleh para tim relawan.

"Semua korban yang mengalami luka berat dan ringan sudah ditangani oleh tim medis di rumah sakit maupun posko tanggap darurat," katanya lagi.

Lebih lanjut Plt Gubernur Aceh juga mengatakan para korban musibah gempa tersebut sudah terdata semua dan nantinya akan mendapat bantuan per paket.

"Semua korban akan mendapat bantuan per paket nantinya," ujarnya.

Ia juga mengakui para korban gempa yang mengalami trauma nantinya akan mendapat penanganan khusus dari menteri sosial, sebagaimana yang pernah dilakukan di daerah lainya.

Ada pun jumlah korban gempa yang sudah berhasil didata saat ini, korban meninggal 103 orang, lalu korban luka berat dan ringan 8.000-an.

Para korban tersebut, tersebar pada  enam kecamatan meliputi, Pante Raja, Bandar Dua, Tringgadeng, Meureudu, Bandar Baru dan Alee Glee.