Perbaikan layanan tingkatkan kepercayaan masyarakat

id layanan masyarakat, Tito Karnavian, perbaikan kinerja, layanan publik, personel kepolisian, meningkatkan kepercayaan masyarakat

Perbaikan layanan tingkatkan kepercayaan masyarakat

Mobil pelayanan SIM Keliling. (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly/Ang)

....Polri, polda, polres, hingga polsek hanya bisa survive kalau dipercaya publik....
Medan (Antarasumsel.com) - Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menegaskan bahwa perbaikan kinerja dan layanan publik akan meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada personel kepolisian, termasuk di jajaran Polda Sumatera Utara.

"Upaya meningkatkan kepercayaan masyarakat (public trust) merupakan faktor yang mutlak," katanya dalam kunjungan ke Mapolda Sumut di Medan, Sabtu.

Menurut dia, era demokrasi yang menempatkan kedaulatan rakyat dalam penyelenggaraan negara menuntut kepercayaan masyarakat sebagai faktor penting agar Polri bisa bertahan (survive).

"Polri, polda, polres, hingga polsek hanya bisa survive kalau dipercaya publik," katanya.

Salah satu indikasi yang perlu menjadi perhatian, yakni seluruh layanan publik tersebut harus dapat dilakukan dengan lebih baik dan lebih cepat.

"(Kalau ada pengaduan) lebih cepat datang ke TKP," kata Kapolri.

Selain itu, seluruh jajaran Polri harus mampu menekan budaya koruptif dan berbagai perilaku yang mengambil keuntungan bagi pribadi yang selama ini sering dikeluhkan masyarakat.

Perilaku tersebut perlu menjadi perhatian jajaran Polda Sumut setelah adanya pameo negatif yang menunjukkan banyaknya kebijakan koruptif dalam penyelenggaraan pemerintahan.

"Jangan sampai ada lagi istilah 'SUMUT' itu Semua Urusan Mesti Uang Tunai," katan mantan Kapolda Metro Jaya tersebut.

Faktor yang tidak kalah penting adalah tindakan cepat dari personel Polri dalam menjaga kondusivitas, termasuk menuntaskan potensi kerusuhan.

Kapolri tidak menginginkan kerusuhan massa yang pernah terjadi di Kota Tanjungbalai, perbatasan Kabupaten Mandailing Natal dengan Tapanuli Selatan, dan kerusuhan terkait relokasi pengungsi erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo kembali terjadi.

"Tangani secara proaktif, jangan sampai menjadi kerusuhan massal. Semua harus membangun komunikasi sebanyak-banyaknya dengan masyarakat, dengan unsur TNI dan pemda," katanya.