Puluhan peserta ikut uji kompetensi lelang jabatan

id lelang, lelang jabatan

Puluhan peserta ikut uji kompetensi lelang jabatan

42 peserta ikut iji kompentnsi lelang jabatan di lingkungan Pemkab Ogan Komering Ulu di Surabaya, Jawa Timur. (Foto antarasumsel.com/Edo Purmana/Parni)

Baturaja (Antarasumsel.com) - Sebanyak 42 peserta mengikuti uji kompetensi managerial di Surabaya, Jawa Timur pada 13-15 Desember untuk memperebutkan sembilan kursi jabatan eselon II di lingkungan Pemkab Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan.

Para pejabat Pemkab Ogan Komering Ulu (OKU) itu sudah berangkat ke Surabaya sejak Senin (12/12), kata Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) OKU, Burhanuddin Lubis di Baturaja, Selasa.

Dijelaskannya, dipilihnya BKD Jawa Timur sebagai lokasi uji kompetensi peserta adalah alternatif terakhir pihaknya meski jaraknya jauh.

Sasaran pertama di PT BA atau Unsri, namun PT BA ternyata BUMN yang memiliki cara tersendiri, kemudian beralih ke Unsri diketahui belum siap untuk menguji.

Selanjutnya, ada arahan dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN), dimana mereka merekomendasikan delapan lembaga di antaranya BKN sendiri, LAN, Universitas Indonesia dan BKD Provinsi Jatim dan hanya BKD Jatim yang siap waktunya.

Hasil dari uji kompetensi di BKD Jawa Timur akan digabungkan dengan hasil pemaparan makalah sebelumnya yang kemudian oleh Panitia Seleksi (Pansel) akan direkomendasikan tiga nama kepada Bupati OKU dan bupati akan memilih satu diantara tiga nama disodorkan pansel nanti.

Mengenai biaya untuk test terakhir di BKD Jawa Timur, Baharuddin mengatakan semua biaya dan lainnya ditanggung oleh peserta sendiri.

Sementara, para calon pejabat itu sudah mengikuti tahapan seleksi yakni pemaparan makalah dan presentase di ruang Bina Praja Pemkab OKU pada 7, 8 dan 9 Desember 2016.

Dua peserta tak hadir pada seleksi wawancara dan makalah tersebut yakni Himda Paruzal, dan Tampun, sehingga dari jumlah awal 44 peserta uji kompetensi managerial di BKD Jatim, menjadi hanya 42 orang.

"Hasil final dari seluruh tahapan lelang jabatan eselon II ini akan diumumkan pada 20 Desember," ujar Sekretaris Pansel, H Zandi Sholeh yang juga Ketua BKD OKU.