Williams bawa Everton taklukkan Arsenal

id Ashley Williams, Everton, tim London, puncak klasemen, Liga Inggris, kekalahan perdana, di liga, pasukan Arsene Wenger

Williams bawa Everton taklukkan Arsenal

Ashley Williams (REUTERS/Marko Djurica)

London (Antara/Reuters) - Ashley Williams melepaskan tandukan pada menit ke-86 ketika Everton bangkit dari ketinggalan untuk mencatatkan kemenangan 2-1 atas Arsenal, ketika tim London itu menyia-nyiakan peluang untuk kembali ke puncak klasemen Liga Inggris pada Selasa.

Ini merupakan kekalahan perdana di liga bagi pasukan Arsene Wenger sejak mereka kalah dari Liverpool pada hari pembukaan musim, dan pertama kalinya saat bermain tandang sejak Maret.   
Hal yang lebih penting lagi, hasil ini membuat Chelsea berkesempatan untuk unggul enam angka di puncak klasemen ketika mereka berhadapan dengan tim juru kunci Sunderland pada Rabu.

Ini terlihat seperti pekerjaan rutin bagi tim tamu, yang telah mencetak banyak gol dalam beberapa pekan terakhir, ketika Alexis Sanchez mengemas gol ke-12nya di liga musim ini dengan tendangan bebas yang terdefleksi pada menit ke-20.

Namun Everton mampu memberi perlawanan, menyamakan kedudukan melalui sundulan Seamus Coleman semenit sebelum turun minum.

Saat pertandingan tinggal menyisakan beberapa menit lagi, Williams melompat untuk menyambut tendangan sudut Ross Barkley untuk masuk ke dalam gawang lawan, ini merupakan gol perdananya untuk Everton, mengamankan kemenangan perdana tim sejak akhir Oktober.

Kemenangan ini mendongkrak Everton naik ke peringkat ketujuh di klasemen, sekaligus memberikan kegembiraan kepada manajer Ronald Koeman.

"Kami memperlihatkan semangat yang tidak dapat dipercaya untuk bangkit dan kami layak atas kemenangan ini," kata pria Belanda itu kepada BT Sport.

Everton kesulitan untuk memiliki rasa percaya diri pada fase awal pertandingan, sehingga Arsenal lebih leluasa menyerang.

Francis Coquelin dijatuhkan di tepi kotak penalti dan Sanchez menjadi eksekutor tendangan bebas yang kelihatannya akan dapat dikuasai Maarten Stekelenburg sampai bola terdefleksi oleh Williams, dan gagal dijangkau tangan sang kiper.

Gol itu membawa Sanchez bergabung dengan penyerang Chelsea Diego Costa pada daftar pencetak gol terbanyak.

Gol itu juga terlihat memicu pertandingan berjalan lebih menarik ketika tuan rumah secara bertahap keluar dari area bertahannya, di mana Aaron Lennon melepaskan sepakan melebar sebelum Coleman menyamakan kedudukan melalui sundulan dari umpan silang Leighton Baines.

Mesut Ozil menyia-nyiakan peluang bagus untuk Arsenal pada awal babak kedua, namun Everton tampil bagus dan mencatatkan gol penentu kemenangan yang membuat publik Goodison Park menggila.

Pada fase akhir pertandingan yang berjalan sengit, bek Everton Phil Jagielka diusir keluar lapangan karena mendapatkan kartu kuning kedua pada menit keempat masa tambahan waktu.

    (H-RF)