Selasa, 17 Januari 2017

Palembang raih penghargaan Kota Metropolitan udara terbersih

id palembang, udara terbersih, Harnojoyo, Wali Kota Palembang, Kementerian Lingkungan Hidup, penghargaan
Palembang raih penghargaan Kota Metropolitan udara terbersih
Harnojoyo (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/16)
...."Penghargaan ini membuat pemerintah kota menjadi semakin semangat dalam membenahi lingkungan, apalagi pada 2018 akan menjadi tuan rumah Asian Games," kata Harnojoyo....
Palembang (Antarasumsel.com) - Kota Palembang meraih penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebagai salah satu kota metropolitan dengan udara terbersih di Indonesia.

Wali Kota Palembang Harnojoyo di Palembang, Kamis, mengatakan penghargaan ini masuk dalam Program Langit Biru 2016 yang mengevaluasi kualitas udara perkotaan (EKUP) di 28 kota dari 23 Provinsi.

"Kota Palembang sangat bersyukur atas anugerah ini. Penghargaan ini membuat pemerintah kota menjadi semakin semangat dalam membenahi lingkungan, apalagi pada 2018 akan menjadi tuan rumah Asian Games," kata Harnojoyo.

Program ini sebagai upaya menurunkan pencemaran udara dari sektor transportasi untuk mendorong peningkatan kualitas udara perkotaan.

Pelaksanaan evaluasi kualitas udara perkotaan dilakukan dengan mengisi formulir data kota di samping kegiatan fisik yang meliputi uji emisi (spotcheck) kendaraan bermotor yang dilakukan terhadap lima ratus kendaraan pribadi per hari selama tiga hari.

Kegiatan lain adalah pemantauan kualitas udara jalan raya (roadside monitoring) dan penghitungan kinerja lalu lintas (kecepatan lalu lintas dan kerapatan kendaraan di jalan raya) yang dilakukan secara serentak di tiap kota di tiga ruas jalan arteri dipilih bersama dan dianggap mewakili kota tersebut.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkot Palembang, Akhmad Mustain mengatakan pesatnya pembangunan Kota Palembang dalam beberapa tahun terakhir, tak berarti mempengaruhi atau merubah lingkungannya menjadi gersang dengan polusi udaranya buruk.

Terbukti pada penilaian Kota Palembang sebagai salah satu kota metropolitan di Indonesia merupakan kota memiliki udara terbersih, yang sebelumnya pernah diraih Kota Palembang pada tahun 2014.

Beberapa Indikator penilaian terhadap penghargaan ini yakni transportasi bersih, ruang terbuka hijau, pedistrian, taman kota.

Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK MR Karliansyah menyatakan bahwa evaluasi kualitas udara perkotaan di 28 kota dari 23 provinsi di Indonesia ini dilakukan antara bulan Juli sampai dengan November 2016. Dari 28 kota tersebut, 7 kota metropolitan, 12 Kota Besar, 9 Kota Sedang atau Kota kecil.

Hasil evaluasi Langit Biru tersebut, diperoleh tiga Kota Langit Biru terbaik untuk kategori Kota Metropolitan, yakni Kota Palembang, Semarang dan Jakarta Timur, lalu Kota Besar Balipapan, Padang dan Surakarta, untuk kota sedang atau kecil, Jambi, Tanjung Pinang dan Ambon.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga