Rabu, 22 Februari 2017

Taman Arboretum Muaraenim belum dilengkapi fasilitas pendukung

id wisata, program wisata
Taman Arboretum Muaraenim belum dilengkapi fasilitas pendukung
Taman hayati arboretum di kawasan wisata Air Terjun Bedegung Muaraenim Sumsel delum dilengkapi fasilitas pendukung (Foto: antarasumsel.com/Banu/Parni)
Muaraenim (Antarasumsel.com) - Taman hayati arboretum atau kebun botani mengkoleksi pepohonan yang dibangun Perusahaan Gas Negara di lokasi objek wisata Air Terjun Bedegung Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muaraenim Sumatera Selatan, sampai sekarang belum dilengkapi fasilitas pendukung.

"Taman Arboretum hayati di kawasan wisata Air Terjun Bedegung ini sangat disayangkan kurangnya fasilitas pendukung, seperti belum adanya penangkaran flora dan fauna," kata Widya (22), salah satu wisatawan dari Palembang ketika berkunjung ke lokasi wisata itu, Senin.

Di sini hanya ada tumbuh-tumbuhan saja, sementara di lokasi penangkaran flora dan fauna yang telah dibangun Perusahaan Gas Negara (PGN) dengan menghabiskan dana miliaran rupiah itu belum diisi dengan flora dan fauna.

Di lokasi penangkaran flora belum diisi dengan berbagai jenis tumbhan yang hidup pada wilayah tertentu, contohnya flora endemik Sumatera adalah raflesia arnoldi atau bunga bangkai.

Sedangkan fauna yakni seluruh jenis hewan yang hidup di wilayah tertentu, contohnya burung cenderawasih asli dari Papua dan fauna asli Jawa ialah badak bercula satu sama sekali belum dimiliki.

Sementara, kata dia, untuk tempat dan fasilitas taman arboretum hayati sudah cukup bagus.

Ia menyayangkan, dukungan Pemerintah Kabupaten Muaraenim melalui Unit Pelaksana Teknis Dinas Air Terjung Bedegung yang telah menyiapkan fasilitas dan program wisata menjelang liburan pergantian tahun di lokasi wisata air terjun Bedegung itu tidak lengkap.

Hal itu, karena jika pihak PGN hanya melakukan pembangunan taman arboretum, tidak dilengkapi dengan fasilitas pendukung akan kurang daya tarik bagi para pengunjung dan wisatawan, katanya.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga