BI Sumsel siapkan Rp1,5 triliun akhir tahun

id bi, bank indonesia, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Hamid Ponco Wibowo

BI Sumsel siapkan Rp1,5 triliun akhir tahun

Hamid Ponco Wibowo (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly/15)

Palembang (Antarasumsel.com) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan menyiapkan kas sebanyak Rp1,5 triliun untuk kebutuhan masyarakat di pengujung tahun 2016.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan Hamid Ponco Wibowo di Palembang, Rabu, mengatakan, penyediaan hingga Rp1,5 triliun itu dipandang BI bakal mencukupi kebutuhan masyarakat mengingat pada tahun 2015 juga berada di kisaran tersebut.

"Setiap tahun BI memproyeksikan terjadi kenaikan sedikit tapi perbedaannya tidak terlalu signifikan jika dibandingkan tahun lalu," kata dia.

Perkiraan adanya kenaikan kebutuhan akan uang pada tahun ini karena BI mencatat terjadi peningkatan peredaran uang di masyarakat jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Pada 2016, uang yang beredar di masyarakat (out flow) diperkirakan sebesar Rp15 triliun, sementara inflow sekitar Rp12,7 triliun atau meningkat Rp2 triliun jika dibandingkan 2015.

Banyaknya uang yang beredar di masyarakat menjadi suatu gambaran positif bahwa daerah ini semakin membaik perekonomiannya.

Hal ini tak lain karena pengaruh gencarnya pembangunan infrastruktur penunjang kegiatan Asian Games XVII tahun 2018.

Bank Indonesia pun memprediksi akan terjadi peningkatan posisi outflow hingga 10 persen dari total realisasi tahun ini.

"Bahkan untuk pertumbuhan ekonomi pada tahn 2017, BI memperkirakan bakal berada di kisaran 5,0-5,5 persen," kata dia.