Persediaan kebutuhan bahan pokok hadapi Natal mencukupi

id sembako, permana, persediaan natal dan tahun baru, beras, bawang

Persediaan kebutuhan bahan pokok hadapi Natal mencukupi

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumatera Selatan M Permana menunjukkan sampel beras lokal yang beredar di pasar Sumatera Selatan dan telah melalui uji lab di Kantor Disperindag Sumsel, Jumat (29/5) (Foto Antarasumsel.com/15/Feny Selly)

Palembang (Antarasumsel.com) - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumatera Selatan, Permana mengatakan persediaan kebutuhan sembilan bahan pokok di provinsi itu menghadapi Natal dan tahun baru 2017 mencukupi.

"Secara keseluruhan untuk bahan pokok tersedia dan aman dalam menghadapi Natal dan Tahun Baru 2017", kata Permada di Palembang, Kamis.

Menurut dia, untuk persiapan Natal dan Tahun Baru pihaknya sudah melakukan monitoring dan evaluasi ke pergudangan.

Ia menjelaskan, stok beras cukup sampai enam bulan ke depan, kemudian gula pasir, sementara untuk cabai memang stok mengalami kekurangan.

"Cabai memang kekurangan karena harga  masih di atas Rp75 ribu per kilogram, normalnya itu Rp45 ribu," katanya.

Kemudian untuk bawang dipasok dari Brebes dan Sumatera Barat, karena hasil panen petani dari Pagaralam tidak mencukupi.

Jadi, secara keseluruhan bahan pokok itu tersedia dan aman, hanya saja permasalahannya kalau lewat Lampung, infrastruktur jalannya rusak dan ada pembatasan 12 ton tidak boleh melalui jalan tol.

Akan tetapi, untuk Sumsel itu bisa lewat dari Merak, karena Sumatera belum ada jalan tol, ujarnya.

Sementara mengenai harga sembako berkaitan dengan pasokan kalau terhambat biasanya ada kenaikan, tetapi masih dalam kewajaran kisaran 5-10 persen, katanya.