PT Medco sinergikan program pertanian ramah lingkungan

id medco, pertanian, kadis pertanian, ramah lingkungan

PT Medco sinergikan program pertanian ramah lingkungan

PT Medco E&P Indonesia (Antarasumsel.com/Grafis)

Muaraenim (Antarasumsel.com) - PT Medco E & P Lematang sinergikan program pertanian ramah lingkungan berkelanjutan di Desa Sumaja Makmur Kecamatan Gunung Megang Kabupaten Muaraenim, Sumatera Selatan.

Manajer PT Medco E & P Lematang, Iwan Sutrisna di Muaraenim, Minggu pada acara lokakarya mengatakan bahwa pihaknya telah lama melakukan pembinaan para petani sesuai dengan arahan dari SKK Migas .

Ia menjelaskan, program mensinergikan pertanian ramah lingkungan berkelanjutan ini terlaksanan sejak tahun 2013 untuk fokus melakukan pembinaan kelompok tani di wilayah Gunung Megang di bidang pertanian holtikultura dan pertanian lainnya.

Program ini juga mendapat dukungan dan bantuan dari pemerintah daerah agar tetap berlanjut guna menciptakan ketahanan pangan bagi masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan  Holtikultura Kabupaten Muaraenim, Kani Daah menambahkan sinergi program ini adalah sebagai bentuk kepedulian pihak perusahaan terhadap masyarakat sekitar.

Dengan program dan pelatihan ini diharapkan adanya kemajuan dan kemandirian kelompok tani binaan, terlebih program dalam pertanian dengan sistim nonorganik,

Pemerintah akan merespon dan menindak lanjuti apa yang telah dilaksanakan oleh pihak perusahaan supaya berjalan sesuai harapan untuk kemakmuran para petani.

Sementara, Madukin  mewakili kelompok tani berharap akan menambah ilmu pengetahuan bagi petani binaan.

Ia berharap, keberadaan perusahaan di tengah masyarakat untuk menunjang usaha pertanian sangat dibutuhkan.