Mukomuko Bengkulu bangun embung pengairan sawah

id embung, sawah , irigasi

Mukomuko Bengkulu bangun embung pengairan sawah

Ilustrasi (ANTARA FOTO)

Mukomuko (Antarasumsel.com) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko,  Provinsi Bengkulu, tahun 2017 kembali membangun dua embung guna menampung air yang dibutuhkan mengairi seluas puluhan hektare sawah petani di daerah itu.

"Kami akan membangun dua embung pada tahun 2017. Satu embung dibangun di Kecamatan Penarik," kata Kepala Bidang Prasarana dan Sarana pada Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan (DP3K) Kabupaten Mukomuko Elxandi, di Mukomuko, Minggu.

Ia mengatakan, anggaran untuk pembangunan dua embung pada tahun 2017 sama seperti tahun ini bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp195 juta.

Pihaknya kembali membangun satu embung di Kecamatan Penarik pada tahun 2017 karena di wilayah tersebut masih luas areal persawahan petani yang membutuhkan pengairan.

"Lahan persawahan terutama yang tadah hujan berada jauh dari irigasi teknis sehingga petani di wilayah itu membutuhkan sumber air untuk pengairan sawahnya," ujarnya.

Fungsi pembangunan embung ini mirip dengan dam parit yakni memanfaatkan sumber air yang ada untuk mengairi sawah yang jauh dari irigasi teknis.

Perbedaannya, jelasnya, embung ini dapat berfungsi untuk menampung air dan air yang ditampung itu sewaktu-waktu dapat digunakan untuk mengairi sawah tadah hujan di daerah itu.

Sedangkan sumber air embung ini, katanya, bisa berasal dari kolam, danau, sungai, dan saluran pembuangan.