Selasa, 17 Januari 2017

Jalan lintas timur Tulangbawang macet puluhan kilometer

id jalintim, macet, kendaraan, jalan macet
Jalan lintas timur Tulangbawang macet puluhan kilometer
Ilustrasi - Suasana jalan macet di jalan lintas timur Palembang-Indralaya. (Foto Antarasumsel.com)
Tulangbawang, Lampung (Antarasumsel.com) - Pada libur Hari Natal 2016, Minggu, kendaraan truk dan mobil pribadi terpaksa harus mengantre puluhan kilometer akibat kemacetan di Jalan Lintas Timur Sumatera kawasan Pasar Unit 2 di wilayah Kabupaten Tulangbawang, Provinsi Lampung.

Jika hari biasa jarak tempuh dari Tulangbawang menuju ke Mesuji yang berbatasan dengan Provinsi Sumatera Selatan hanya 1-2 jam, kini ditempuh selama 3-5 jam perjalanan.

Kemacetan ini disebabkan imbas dari kerusakan pada ruas jalan sepanjang Kabupaten Tulangbawang dan Mesuji, sehingga saat ini diimbau untuk menghindari Jalan Lintas Timur wilayah ini.

"Saya sarankan hindari Jalan Lintas Timur, mengingat sudah lima hari ini macet parah. Kondisi jalan yang rusak membuat kemacetan mencapai puluhan kilometer," kata Dandi, seorang sopir truk Jakarta-Jambi, Minggu siang.

Menurut Dandi, dirinya terpaksa menunggu berhari-hari untuk bisa tembus dari kemacetan tersebut.

Keluhan yang sama juga disampaikan para sopir truk lainnya, Yonus. Bahkan dia menyayangkan tidak adanya upaya pemerintah setempat untuk ikut mengurai kemacetan parah yang terjadi.

"Kami menyesalkan pemerintah setempat diam saja. Seharusnya tidak boleh ada perbaikan jalan saat hari besar keagamaan seperti ini," katanya lagi.

Dia juga berharap bagi pengguna jalan yang akan melakukan liburan Natal sebaiknya menghindari Jalan Lintas Timur, tapi sebaiknya melewati Jalan Lintas Tengah atau Jalan Lintas Barat Sumatera di Provinsi Lampung.

Editor: Indra Gultom

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga