Indonesia timur jadi tujuan favorit akhir tahun

id wakatobi, laut, indonesia timur, pariwisata, waktu berlibur, akhir tahun

Indonesia timur jadi tujuan favorit akhir tahun

Ilustrasi (ANTARA FOTO)

Manado (Antarasumsel.com) - Kawasan Indonesia Timur  selalu menjadi tujuan favorit pengunjung di saat menghabiskan waktu berlibur akhir tahun.

"Wilayah Indonesia Timur termasuk Manado  menjadi destinasi favorit di periode Desember, selain untuk merayakan Natal banyak juga yang memanfaatkannya untuk berlibur," kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Manado Nugroho Jati di Manado, Selasa.

Dia mengatakan hal tersebut tercermin hingga H-2 Natal, jumlah penumpang datang dan berangkat mencapai 9.887 penumpang atau tumbuh 23 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

"Angka ini sementara tertinggi sejak dibukanya Posko Natal dan Tahun Baru (Nataru) pada 18 Desember lalu," ujar Jati.

Dirinya juga menambahkan bahwa pergerakan pesawat mencapai 86 pergerakan atau tumbuh 34 persen.

"Seperti diprediksikan, puncak pergerakan penumpang memang terjadi pada Jumat, karena memasuki akhir pekan," sambung Jati.

Sementara itu, di Bandara Sam Ratulangi memang nampak kepadatan terutama di area terminal kedatangan di jam-jam tertentu.

"Jika kondisi 2 atau 3 pesawat mendarat bersamaan memang terjadi penumpukan. Ini sudah kami evaluasi, sehingga kami tata ulang konter taksi yang semula di dalam jadi di luar agar penumpang merasa lega di area kedatangan," jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga mensiagakan patroli untuk mengatur flow kendaraan penjemput dan menerapkan sistem manless parking agar lebih cepat saat di toll gate.

"Hal lain akan kami terus evaluasi sebagai upaya perbaikan pelayanan," katanya.