Daerah harusnya rutin gelar kejuaraan olaharaga

id olah raga, kejuaraan olaharaga, menciptakan atlet, berperastsi lebih, KONI

Daerah harusnya rutin gelar kejuaraan olaharaga

Kejuaranaan bola voli (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly)

Medan (Antarasumsel.com) - Kabupaten/kota diminta agar rutin menggelar berbagai kejuaraan olahraga terutama pada tingkat anak usia dini dan pelajar,  guna menciptakan atlet punya prestasi berperastsi  lebih lagi ke depannya dari provinsi ini.

Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi di Medan, Kamis, mengatakan minta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) bersedia memfasilitasi kebutuhan seluruh Pengprov cabang olahraga untuk rutin melaksanakan kejuaraan - kejuaraan daerah.

Hal itu, kata dia semata - mata untuk menambah jam terbang atlet sekaligus mengasah mental bertanding mereka sebelum berlaga di even yang lebih tinggi.

"Minimal setiap bulan seluruh pengurus cabang olahraga harus melaksanankan kejuaraan. Kami berharap KONI Sumut harus memfasilitasi ini, tapi jangan hanya untuk cabang olahraga yang aktif saja," katanya.

Kepada  Badan Pembina Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia (Bapopsi) Sumut selaku badan pembina olahraga pelajar juga diharapkan turut berperan serta untuk menggairahkan kompetisi  -kompetisi serta pertandingan di kalangan pelajar.

"Berbagai kejuaraan setiap tahun terus digelar. Setiap daerah juga bakal dipercaya menjadi tuan rumah pelaksana dengan tujuan pemerataan cababng olahraga," katanya.

Sementara, Ketua harian KONI Sumut John Ismadi Lubis mengatakan dengan rutinnya berbagai kejuaraan digelar di kabupaten/kota terutama pada tingkat pelajar diharapkan dapat terjaring atlet potensial yang bisa menjadi andalan pada kejuaraan nasional seperti Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020 di Papua.

"Tentunya kami sangat berharap dengan rutinnya digelar kejuaraan antar apelajar dapat semakin mengasah bibit-bibit potensial. Karena pada empat tahun merekalah cikal bakal atlet yang akan memperkuat Sumut pada PON 2020 di Papua," katanya.