BNK pilih olahraga cegah penyalagunaan narkoba

id sepakboal, olah raga, cegh narkoba, barang terlarang, senam, Badan Narkotika Kota, program olahraga

BNK pilih olahraga cegah penyalagunaan narkoba

Olahraga (ANTARA FOTO)

Padang (Antarasumsel.com) - Badan Narkotika Kota (BNK) Padang, Sumatera Barat memilih memperkuat program olahraga dalam upaya mencegah peredaran dan penyalahgunaan barang terlarang tersebut di tengah masyarakat.

"Kami terus menggiatkan program olahraga seperti sepak bola, futsal untuk mengalihkan generasi muda dari keterlibatan narkotika dan obat terlarang," kata Ketua BNK Padang yang juga Wakil Wali Kota Emzalmi, di Padang, Kamis.

Menurutnya banyak program yang diperuntukkan dalam pemberantasan dan pencegahan narkoba di kalangan masyarakat seperti pendidikan, pendidikan agama, memberikan pelatihan, dan sebagainya, akan tetapi olahraga dinilai lebih tepat.

Sebab, katanya dengan berolahraga memberikan kesehatan pada fisik, jiwa dan mental sehingga diharapkan membentuk kepribadian yang tangguh dan tidak mudah terpengaruh.

"Sepak bola dipilih karena murah dan menjadi kegemaran banyak orang," tambahnya.

Dia menyebutkan untuk memperkuat pencegahan ini pihaknya terus menggelar beragam kegiatan olahraga di sebelas kecamatan secara bertahap.

Pada tahun ini, sebutnya digelar pertandingan sepak bola di Nanggalo, Padang Barat, Koto Tangah, Lubuk Begalung yang disertai dengan sosialisasi BNK terhadap bahaya narkoba.

Pada skala luas beberapa pertandingan sepak bola usia dini juga disertai dengan sosialisasi pencegahan narkoba.

"Terakhir adanya pertandingan Piala Komite Nasional Pemuda Indonesia U-11 Padang yang diikuti sekolah sepak bola," katanya.

Ke depan , katanya program ini akan diperkuat dalam skala yang lebih luas, seperti melalui pertandingan olahraga yang tingkatannya lebih berkelas.

Senada Ketua KNPI Padang Fadly Amran mengapresiasi langkah BNK memilih olahraga untuk mencegah narkoba.

Menurutnya seperti sepak bola banyak digemari generasi muda, permainan yang mengasyikkan dan juga menyehatkan.

Dia berharap Pemerintah Padang konsisten dalam menggiatkan olahraga ini dalam pemberantasan narkoba di generasi muda, tidak hanya sepak bola tapi jenis lainnya.