Telkom bertahap beralih ke serat optik

id telkom, speedy, fiber optik, jaringan internet, Zaim, Asisten Manager, PT Telkom Indonesia,

Telkom bertahap beralih ke serat optik

Ilustrasi (Antaranews)

Palembang (Antarasumsel.com) - Perusahaan Telekomunikasi secara bertahap beralih ke kabel serat optik, sehingga kecepatannya lebih tinggi untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

"Pokoknya nanti seluruhnya kita alihkan ke fiber optik," kata Asisten Manager PT Telkom Indonesia, Zaim saat ditanya mengenai pengalihan ke fiber optik di Palembang, Kamis.

Menurut dia, ada tiga kelas, pertama yaitu desan masih memakai kabel tembaga dan ini banyak kelemahannya dimana kecepatan kurang, kemudian generasi berikutnya adalah M San masih menggunakan kabel tembaga, tetapi masih sama, karena masih banyak kelemahannya dan lamban.

Kemudian, lanjutnya, sekarang ini fiber optik itu bisa kecepatan tinggi dan hal-hal tersebut banyak program yang positifnya.

"Hanya saja kita bertahap pembenahan itu, permasalahannya bermacam yang pasti harus ada izin, kemudian pembiayaan dari Telkom," katanya.

Ia mengatakan, kadang lokasi-lokasi untuk pengalian di tempat ramai sehingga menjadi kendala, karena itu dilakukan bertahap sampai seluruhnya nanti harus fiber optik.

"Sekarang ini sekitar 60 persen di Palembang sudah beralih ke fiber optik. Untuk di daerah pasar tidak semudah itu, karenanya bertahap dan dijalankan, kalau ada izinya langsung kita pasang, pokoknya seluruhnya kita alihkan ke fiber optik," tuturnya.

Sementara mengenai target selesai beralihnya ke fiber optik, ia menyatakan, tidak bisa dipastikan, karena kadang-kadang perlu pembiayaan.

"Pokoknya secepat mungkin kita alihkan ke fiber optik, karena banyak keuntungan kalau dari sisi masyarakat atau pelanggan, sebab kecepatannya tinggi," katanya.