Telkomsel pantau kualitas layanan jelang pergantian tahun

id telkomsel, pemantauan ketat, kualitas layanan, jaringan telekomunkasi, Paulus Djatmiko, internet

Telkomsel pantau kualitas layanan jelang pergantian tahun

Pemancar Telekomunikasi (Foto Antarasumsel.com/Awi)

Palembang (Antarasumsel.com) - PT Telkomsel melakukan pemantauan ketat kualitas layanan untuk memastikan kenyamanan komunikasi pelanggan menjelang Tahun Baru 2017.
"Kami ingin memastikan agar pelanggan dapat merasakan pengalaman yang optimal dalam menggunakan layanan kami, terutama di masa-masa terjadi lonjakan trafik layanan komunikasi seperti saat malam pergantian tahun," kata Vice President Network Operation Management Telkomsel Paulus Djatmiko, di Palembang, Jumat.

 Menurut dia, integrated operation center (IOC) yang dioperasikan akan membantu dalam memantau kondisi layanan dan jaringan setiap saat, sekaligus melakukan berbagai langkah antisipasi dan penanganan terhadap gangguan yang muncul.

 Ia menyebutkan, lebih dari 160 petugas memantau pergerakan trafik layanan suara, SMS, dan data di IOC agar customer experience tetap terjaga. Hasil pemantauan kemudian menjadi informasi awal bagi penanganan terhadap masalah yang muncul di lapangan.

NOC, katanya lagi, memiliki beberapa fungsi, seperti fungsi monitoring yang mengawasi status kesiapan jaringan telekomunikasi, fungsi remote maintenance yang melakukan perawatan dan perbaikan jarak jauh tanpa harus datang ke lokasi infrastruktur, fungsi reporting yang melaporkan sejarah kejadian terkait jaringan yang ada di lapangan, serta fungsi measurement yang memberikan data hasil pengukuran kinerja BTS.

 Sedangkan pemantauan dari sisi C4 dilakukan untuk menangani berbagai hal terkait aktivitas komunikasi pelanggan seperti customer complaint, network incident, dan service performance,katanya lagi.

Dilengkapi dengan dashboard monitoring wall display, IOC juga memantau secara langsung ketersediaan, utilisasi, dan performansi jaringan terutama di 687 titik keramaian utama yang telah diindentifikasi Telkomsel sebagai titik-titik yang tingkat aktivitas komunikasinya paling tinggi, seperti bandara, stasiun, terminal, pelabuhan, tempat wisata, mal, dan pusat perbelanjaan, serta rumah ibadah.

Pada lokasi-lokasi tersebut diprediksi akan terjadi rata-rata peningkatan trafik layanan data sebesar 47 persen bila dibandingkan dengan trafik pada hari normal.

Operasional IOC melengkapi berbagai aktivitas yang dilakukan Telkomsel dalam menyambut momen Tahun Baru 2017, selain melakukan sejumlah peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan di seluruh Indonesia.

Ia menuturkan, sebanyak 723 BTS baru dibangun secara khusus untuk momen pergantian tahun ini, agar masyarakat dapat terus menikmati layanan telekomunikasi berkualitas saat trafik telekomunikasi tercatat mengalami lonjakan cukup tinggi tiap tahunnya, khususnya layanan data.

Pada lokasi-lokasi strategis yang memerlukan peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan, Telkomsel juga mengerahkan 91 compact mobile base station (Combat) untuk menjaga agar layanan tetap prima, katanya pula.