LSM Pro Rakyat minta usut korupsi BKD Muba

id aksi unjuk rasa, aksi, polda, polda sumsel, korupsi

LSM Pro Rakyat minta usut korupsi BKD Muba

Aktivis Pro Rakyat Sumsel peduli pemberantasan korupsi. (Foto Antarasumsel.com/16/Yudi Abdullah)

...Permintaan pengusutan kasus dugaan korupsi itu disampaikan puluhan aktivis Pro Rakyat dalam aksi unjuk rasa secara damai di bawah koordinator aksi R Hidayat di depan Mapolda Sumsel...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Aktivis lembaga swadaya masyarakat Pro Rakyat Sumatera Selatan memita kepolisian daerah setempat mengusut tuntas kasus dugaan korupsi di Badan Kepegawaian Daerah Musi Banyuasin pada Tahun Anggaran 2016 ini.

Permintaan pengusutan kasus dugaan korupsi itu disampaikan puluhan aktivis Pro Rakyat dalam aksi unjuk rasa secara damai di bawah koordinator aksi R Hidayat di depan Mapolda Sumsel, Palembang, Jumat.

Pernyataan sikap yang berisi permintaan pengusutan kasus dugaan korupsi di BKD Musi Banyuasin , disampaikan kepada salah satu pejabat Bidang Humas Polda Sumsel AKBP Siswo yang ditugaskan menerima rombongan peserta aksi itu.

Koordinator aksi Pro Rakyat Sumsel Hidayat menyatakan Kabupaten Musi Banyuasin merupakan daerah yang memiliki APBD paling besar di wilayah Sumsel mencapai triliunan rupiah, jumlah penduduknya relatif sedikit, dan memiliki sumber daya alam berlimpah.

Dengan kondisi tersebut seharusnya mendatangkan kemakmuran bagi masyarakat, namun kenyataannya tidak berdampak signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat kabupaten setempat karena anggaran yang tersedia diduga banyak diselewengkan untuk kepentingan memperkaya diri sendiri dan kroni pejabat daerah setempat.

Berdasarkan permasalahan tersebut, aktivis Pro Rakyat tidak henti-hentinya memperjuangkan agar kasus dugaan korupsi di lingkungan Pemkab Musi Banyuasin terutama di BKD bisa segera diusut tuntas dan pelakunya diproses sesuai dengan ketentuan hukum.

Jika kasus dugaan korupsi di BKD Musi Banyuasin itu tidak segera diusut tuntas dan tersangka pelakunya ditangkap, piahknya akan kembali melakukan aksi dama dengan jumlah massa yang lebih banyak, kata dia pula.

Pejabat Bidang Humas Polda Sumsel AKBP Siswo yang menerima rombongan peserta aksi itu mengatakan pernyataan sikap dan permintaan pengusutan tindak pidana korupsi yang disampaikan aktivis Pro Rakyat Sumsel itu akan dipelajari dan disampaikan kepada pimpinan.

Pengusutan kasus dugaan korupsi perlu dilakukan secara hati-hati dan didukung bukti yang kuat sehingga jika dilakukan proses hukum siapapun yang terlibat dalam penyelewengan uang milik negara itu dapat diungkap dan ditindak tegas, kata AKBP Siswo.