Sabtu, 22 Juli 2017

DKD Rohil gelar pentas seni akhir tahun

id Dewan Kesenian Daerah, pentas seni, akhir tahun, malam penyambutan Tahun Baru, Taman Kota Bagansiapiapi, Kecamatan Bangko
Rokan Hilir (Antarasumsel.com) - Dewan Kesenian Daerah Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau menggelar berbagai kegiatan untuk memeriahkan malam penyambutan Tahun Baru 2017, di Taman Kota Bagansiapiapi, Kecamatan Bangko, Sabtu (31/12) malam.

"Saya merasa bahagia dan bangga pada malam ini, karena acaranya sangat meriah tak seperti tahun sebelumnya," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Rokan Hilir Surya Arfan saat menghadiri acara malam pergantian tahun baru itu.

Sekda menilai, malam pergantian tahun sebelumnya tidak dirayakan seperti acara yang digelar saat ini, melainkan konvoi sekeliling kota dan Kawasan Batu Enam, Bagansiapiapi.

"Paling tidak dengan acara ini dapat mencegah kenakalan remaja. Karena itu, kami mengucapkan terima kasih kepada Dewan Kesenian Daerah Rohil," ujarnya lagi.

Hampir semua kesenian ditampilkan pada acara malam pergantian tahun di Taman Kota Bagansiapiapi itu, mulai dari tari kreasi, teater, puisi, rebana, salawat, dan lainnya.

"Setelah saya lihat penampilan kesenian daerah tadi, kalau bisa seni drama itu terus dikembangkan. Saya minta Ketua DKD terus menggalakkan kesenian tersebut," ujar Surya Arfan.

Menurutnya, sejak berdiri DKD Rohil banyak bakat-bakat seni yang ditampilkan.

"Saran saya kepada DKD kalau bisa setiap bulan kegiatan kesenian ini dilaksanakan di Taman Kota, undang 18 kecamatan yang ada di Rohil untuk diikutsertakan," katanya lagi.

Pada acara malam pergantian tahun itu juga dilakukan penyerahan bantuan korban bencana gempa Aceh.

Bantuan dari Gerakan Pramuka 0410 Rokan Hilir dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STAI Ar Ridho Bagansiapiapi itu berupa uang Rp25.615.000, beras 13 karung, minyak goreng 20 kilogram, dan pakaian layak pakai.

Bantuan diserahkan langsung kepada Ketua Posko Rohil Peduli Bencana Gempa Aceh Jaka Abdillah.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Jaka Abdillah dan jajarannya yang telah membuat gebrakan atas sumbangan korban gempa Aceh beberapa waktu lalu. Namun, saya menyarankan kalau bisa ke depan buat Posko Peduli Bencana Rokan Hilir. Jadi setiap ada bencana di situ pusatnya," kata Sekda menyarankan.

Ketua DKD Rohil Suryati mengatakan gelar acara malam pergantian tahun ini untuk menyatukan semua elemen masyarakat, terutama pecinta seni yang ada di negeri julukan Seribu Kubah.

"Artinya, seni itu bukan hanya sifatnya tradisi atau kreasi, tapi juga religi. Jadi, nuansa religi yang kami tonjolkan dalam acara ini. Apalagi masyarakat Rohil ini mayoritas beragama Islam, sehingga kegiatan ini tidak terkesan negatif," katanya pula.

Terkait usulan Sekda meminta agar kegiatan kesenian dilakukan setiap bulan, Suryati menyatakan bahwa DKD Rohil terus melakukan berbagai kegiatan kesenian di Taman Kota Bagansiapiapi.

"Saran Sekda sudah kami laksanakan sebelumnya. Bahkan sejak DKD Rohil itu ada dan kebetulan dalam kepemimpinan saya, program tersebut terus berjalan. Tapi memang ke kecamatan dan berbagi kepada sanggar-sanggar yang ada, baik sanggar yang ada di kabupaten maupun kecamatan. Termasuk juga anak-anak sekolah, mulai dari TK hingga SMA," kata Suryati yang juga Sekretaris Komisi D DPRD Rohil itu pula.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga