Senin, 20 Februari 2017

Perbankan Sumsel garap sektor perdagangan

id bank, sektor pedagangan, merespons pertumbuhan, ekonomi daerah, sebagai tuan rumah, Asian Games
Perbankan Sumsel garap sektor perdagangan
Gedung Bank Indonesia Sumatera Selatan (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)
Palembang (Antarasumsel.com) - Kalangan perbankan di Sumatera Selatan membidik sektor pedagangan untuk merespons pertumbuhan ekonomi daerah itu yang meningkat seiring dengan peran Kota Palembang sebagai tuan rumah Asian Games XVIII/2018.

Regional Head Bank OCBC NISP Joeseline Merlin di Palembang, Senin, mengatakan sektor perdagangan di Palembang mulai tumbuh, terutama bisnis ritel setelah menjadi tuan rumah SEA Games 2011.

"Penyaluran kredit mikro, menengah, hingga besar di sektor perdagangan selalu tumbuh setiap tahun. Ini menunjukkan bahwa tempat ini menjadi salah satu pilihan untuk berbisnis," kata dia.

Ia mengatakan pertumbuhan ekonomi kota yang tetap terjaga dalam beberapa tahun terakhir ini tidak lepas dari gencarnya pembangunan infrastruktur.

Kota Palembang yang terpilih sebagai tuan rumah Asian Games XVIII/2018 sedang membangun antara lain "light rail transit", jalan tol, jembatan, "underpass", rumah sakit, dan hotel.

Oleh karena itu, kinerja perbankan turut terdongkrak karena segmen kredit meluas hingga kredit infrastruktur.

Direktur Utama PT Bank Sumsel Babel M. Adil mengatakan perusahaannya juga selektif dalam menyalurkan kredit di sektor perkebunan karet karena masih menunjukkan pertumbuhan negatif.

Namun, katanya, untuk sektor pedagangan dan konsumsi justru sebaliknya karena menunjukkan pertumbuhan positif.

"Bank Sumsel Babel mengamati bahwa Kota Palembang juga tumbuh sebagai kota dagang, adanya keaktifan sebagai penyalur barang dan jasa," kata Adil.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga