Rupiah selasa pagi bergerak menguat menjadi Rp13.455

id Rupiah, Nilai tukar, itransaksikan antarbank, di posisi, Kepala Riset Monex Investindo Futures, Biro Investigasi Federal,

Rupiah selasa pagi bergerak menguat menjadi Rp13.455

Tumpukan uang rupiah di cash center, Jakarta (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean/ama/)

Jakarta (Antarasumsel.com) - Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa pagi bergerak menguat sebesar 10 poin menjadi Rp13.455, dibandingkan sebelumnya di posisi Rp13.465 per dolar AS.

"Nilai tukar rupiah bergerak cukup stabil dengan kecenderungan menguat di tengah fluktuasi mayoritas kurs di kawasan Asia yang terdepresiasi terhadap dolar AS," kata ekonom Samuel Sekuritas Rangga Cipta di Jakarta.

Ia menambahkan bahwa ekspektasi laju inflasi Desember 2016 yang diperkirakan di kisaran 3,1-3,2 persen secara tahunan, jauh lebih rendah dari angka November 2016 menjaga fluktuasi mata uang domestik.

"Di tengah tren kenaikan harga minyak global, inflasi domestik yang rendah akan memberikan daya tarik lebih terhadap aset berdenominasi rupiah," katanya.

Di sisi lain, lanjut dia, kekhawatiran fiskal juga mulai meredup melihat defisit APBN-P 2016 yang hanya dikisaran 2,64 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) hingga Desember 2016.

"Sentimen positif terhadap rupiah diperkirakan bertahan pada pekan pertama 2017 ini," katanya.

Analis Binaartha Sekuritas Reza Priyambada menambahkan bahwa inflasi tahun 2016 ini yang terjaga di level rendah direspon positif pelaku pasar uang di dalam negeri.

"Kemungkinan penilaian stabilnya angka inflasi akan membuat tingkat suku bunga acuan akan dipertahankan dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi yang akhirnya menjadi pendorong rupiah," katanya.