Bupati: umat beragama harus saling hargai

id bupati, bupati oku

Bupati: umat beragama harus saling hargai

HUT Kementerian Agama Kabupaten Ogan Komering Ulu di Baturaja, Selasa (Foto: antarasumsel.com/Edo Purmana/Parni)

Baturaja (Antarasumsel.com) - Bupati Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan, Kuryana Azis mengatakan bahwa umat beragama harus saling menghargai, karena agama merupakan hal tak dapat dipisahkan dari kehidupan berbangsa dan bernegara.

Di samping itu, agama merupakan sumber kekuatan dalam meraih kemerdekaan dan dalam mempertahankan kedaulatan nasional serta menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), kata Kuryana pada upacara Hari Amal Bhakti ke 71 Kementerian Agama Ogan Komering Ulu (OKU) di Baturaja, Selasa.

Bupati OKU, Kuryana Aziz yang bertindak sebagai inspektur upacara mengatakan, toleransi dan kerukunan bukan milik sesuatu golongan umat beragama semata, tetapi harus menjadi milik semua golongan dan berlaku untuk semua pemeluk agama.

Saling menghormati dan saling menghargai identitas keyakinan antar umat beragama harus terus dijaga dalam upaya melindungi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, tegas Kuryana.

Sejalan dengan tema Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama ke-71 tahun 2017 yaitu Bersih Melayani dan motto Lebih Dekat Melayani Umat, Kuryana berharap, peringatan ulang tahun Kementerian Agama ini semakin memperkuat komitmen terhadap integritas dan etos kerja sebagai pelayan masyarakat dan pengayom semua umat beragama.

"Disiplin kerja dan memberikan pelayanaan terbaik bagi umat masyarakat harus kita lakukan dengan ikhlas, jajaran Kementerian Agama agar senantiasa menjaga marwah Kementerian yang kita cintai sebagai organisasi sarat dengan nilai, kultur dan tradisi baik," kata bupati.

Sementara Kepala Kantor Kemenag OKU, Ishak Putih mengatakan, sesuai dengan Tema HAB ke 71 tahun 2017, diharapkan seluruh stafnya dapat menerapkan mandat yang telah disampaikan Menteri Agama RI.

"Seluruh ASN di lingkungan Kemenag OKU agar lebih proaktif dalam memberikan pelayanan kepada seluruh elemen masyarakat," tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kemenag OKU juga memberikan santunan dan bingkisan kepada puluhan anak yatim piatu dan purnawirawan, serta penghargaan Satya Lencana kepada Pegawai di lingkungan Kemenag setempat.