Libur Natal-tahun baru penggunaan data Xl melonjak

id XL, Trafik layanan data, 2.500 TB per hari, meningkat 180 persen, layanan data, SMS

Libur Natal-tahun baru penggunaan data Xl melonjak

PT XL Axiata Tbk meluncurkan layanan berkualitas (Foto Antarasumsel.com/Susilawati/Ang)

Palembang (Antarasumsel.com) - Trafik layanan data XL rata-rata mulai libur panjang 19 Desember 2016 sampai 1 Januari 2017 meningkat hingga 180 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, yaitu mencapai lebih dari 2.500 TB per hari pada malam pergantian tahun ini.

"Semua jenis layanan mengalami kenaikan trafik, terutama akses ke layanan data dan SMS selama libur Natal 2016 dan Tahun Baru 2017," kata Direktur/Chief Service Management Officer Xl Yessie D Yosetya, di Palembang, Rabu.

 Menurut dia, puncaknya pada malam pergantian tahun trafik data meningkat mencapai 15 persen, dan SMS meningkat 35 persen dibandingkan hari biasa.

"Bagi kami, berapa pun kenaikan trafik, yang paling penting kualitas layanan mampu kami jaga, sehingga masyarakat mendapatkan manfaat maksimal selama mengisi liburannya," katanya pula.

 Ia mengatakan, sejak awal tahun kapasitas jaringan XL telah ditingkatkan hingga tiga kali lipat khususnya untuk menampung lonjakan trafik pada periode tertentu.

Selain itu, XL juga menerapkan teknologi jaringan termutakhir yang mampu secara singkat dan fleksibel menambah atau mengurangi kapasitas di suatu lokasi.

Teknologi tersebut terbukti mampu mendukung upaya XL menjaga kualitas jaringan saat terjadi lonjakan trafik setiap kali tiba masa liburan panjang dan hari besar.

Peningkatan penggunaan layanan data sepanjang libur panjang akhir tahun, antara lain ditunjukkan dengan peningkatan akses pada beberapa layanan media sosial terpopuler.

Melalui media sosial, masyarakat mengunduh dan mengunggah berbagai materi, baik tulisan, foto, lagu, dan video.

Dia merincikan, akses ke media sosial rata-rata meningkat sebanyak 60 persen. Sedangkan, untuk akses ke layanan video naik sekitar 21 persen.

Intensitas masyarakat dalam menggunakan sejumlah aplikasi pengirim pesan, seperti whatsapp, blackberry messenger, dan telegram, juga meningkat, katanya pula.