Jumat, 28 Juli 2017

Mahasiswa Darmajaya rancang promosi perumahan bebasis animasi

id perumhaan, properti, penjualan rumah, penjualan kian ketat, media promosi, penjualan perumahan, animasi 3, dimensi berbasis mobile,
Mahasiswa Darmajaya rancang promosi perumahan bebasis animasi
Pembangunan Perumahan. (ANTARA FOTO/Reno Esnir/Ang)
Bandarlampung (Antarasumsel.com) - Banyak perusahaan pengembang dengan persaingan penjualan kian ketat yang memerlukan media promosi untuk menarik minat konsumen, mendorong Handika Adityo merancang media promosi penjualan perumahan dengan animasi 3 dimensi berbasis mobile.

Menurut Handika yang juga mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya, di Bandarlampung, Rabu, rancangan itu dapat membantu perusahaan pengembang perumahan dalam mempromosikan rumah dan memudahkan konsumen untuk melihat bentuk bangunan rumah melalui smartphone andorid.

Rancangan itu merupakan penelitian yang dilakukan Handika sebagai skripsinya pada Jurusan Teknik Informatika IBI Darmajaya di bawah bimbingan dosennya Yulmaini SKom MCs.

"Aplikasi ini bekerja secara mobile, sehingga dapat diinstal di smartphone merek apa pun yang sudah berbasis android dan dapat diakses secara offline. Software ini dirancang menggunakan Adobe Flash CS6 dan telah diterapkan di Perumahan Danisa Residence, Lampung Selatan serta dapat dikembangkan untuk perusahaan perumahan lainnya," ujarnya.

Handika menerangkan, pengguna (user) setelah menginstal aplikasi di handphone, dapat masuk ke halaman awal yang menampilkan logo perusahaan perumahan.

Kemudian, di halaman utama terdapat pilihan menu, yakni persyaratan rumah, spesifikasi rumah, denah lokasi, harga rumah, telepon, dan info.

Lalu, ada menu rumah tipe 40/84 dan rumah tipe 48/94 yang saat diklik akan menampilkan spesifikasi rumah, sketsa rumah, animasi bentuk ruangan bangunan, dan video rumah.

"Animasi dan video rumah dibuat menyerupai bentuk dan tampilan perumahan yang sesungguhnya. Animasi dibuat full warna agar tampak lebih menarik. Namun aplikasi ini belum masuk dalam playstore, masing-masing perusahaan perumahan nantinya bisa memasukkan link aplikasi ini untuk diunggah konsumen melalui website perumahan," katanya lagi.

Ketua Jurusan Teknik Informatika IBI Darmajaya Yuni Arkhiansyah SKom MKom mengapresiasi penelitian tersebut. Menurutnya, bisnis properti saat ini cukup berkembang pesat, sehingga dibutuhkan media yang lebih interaktif dan menarik.

"Apalagi saat ini smartphone dimiliki oleh banyak kalangan masyarakat. Promosi melalui aplikasi ini cukup efektif menarik minat konsemen untuk membeli rumah serta bisa menjadi alternatif pemasaran perumahan selain dari iklan di media cetak atau elektronik lainnya," ujarnya lagi.

Menurutnya, IBI Darmajaya membuka ruang bagi perusahaan, instansi pemerintah atau swasta yang ingin mengembangkan dan menerapkan produk hasil penelitian dosen maupun mahasiswa tersebut, sehingga manfaat dari penelitian tersebut dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga