Sabtu, 21 Oktober 2017

PLN mulai pasang jaringan listrik LRT

id LRT, Perusahaan Listrik Negara, jaringan listrik kereta api, pekerjaan kontruksi, kereta listrik ringan
PLN mulai pasang jaringan listrik LRT
Progres Pembangunan infrastruktur Light Rail Transit (LRT) .(Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/dol/Ang/16)
Palembang (Antarasumsel.com) - PT Perusahaan Listrik Negara mulai memasang jaringan listrik kereta api dalam kota atau Light Rail Transit/LRT awal tahun 2017, karena pekerjaan kontruksi sudah memasuki fase lebih lanjut terkait selesai sebelum pelaksanaan Asian Games 2018.

Manager PT PLN Wilayah Palembang, Selamat DS di Palembang, Kamis, mengatakan, jaringan listrik yang akan dipasang diperkirakan mencapai 76 meter dari stasiun keberangkatan di Bandara Sultan Mammud Bararrudin (SMB) II hingga ke stasiun pemberhentian di Jakabaring.

"PLN akan memasang jaringan khusus kabel tanam Sambungan Kabel Tegangan Menengah (SKTM) untuk LRT," kata dia.

Untuk itu, PLN telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak, termasuk dengan Pemerintah Kota Palembang.

Koordinasi ini terkait penyuplaian energi listrik ke sembilan gardu trakci dan 13 stasiun. Sebanyak 11 titik jalur yang dibangun akan dialiri dengan tenaga listrik sebesar 34 MVA (Mega Volt Ampere).

Selain itu, terkait pengerjaan mengingat kabel akan ditanam sedalam 1,5 meter dalam tanah di pinggir jalan.

Ia mengatakan bahwa suplai energi listrik itu dapat dilakukan ke LRT karena Kota Palembang sudah menambah Gardu Induk (GI), sehingga tidak akan mengganggu keandalan penyediaan listrik.

Sejauh ini terdapat dua gardu induk yang sudah beroperasi, yakni di Jakabaring 60 MVA dan GI Gandus 60 MVA dan rencananya akan dilaksanakan pembangunan GI Kenten 60 MVA.

"Dengan tambahan besaran daya yang ada sekarang, PLN menjamin kebutuhan listrik masyarakat, termasuk saat perhelatan Asian Games tahun 2018," kata dia.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga