Jumat, 23 Juni 2017

Disbudpar Sumsel fokus bangun destinasi 2017

id Irene Camelyn, pariwisata, Dinas Kebudayaan, membangun destinasi, industri, membangun sumber daya manusia
Disbudpar Sumsel fokus bangun destinasi 2017
Sejumlah pengunjung melihat Rumah tua di kota Palembang (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly/Ang)
Palembang (Antarasumsel.com) - Pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan 2017 fokus membangun destinasi, industri dan membangun sumber daya manusia serta kegiatan promosi.

"Kebijakan kita pada tahun 2017 ini tetap membangun empat hal yaitu membangun destinasi, industri, sumber daya manusia dan membangun promosi," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumatera Selatan, Irene Camelyn di Palembang, Kamis.

Menurut dia, fokus tetap empat hal tersebut dimana pada tahun 2016 masuk ke pembangunan fisik Kampung Al Munawar, sedangkan pada tahun ini non fisik yaitu sumber daya manusia (SDM).

"Kita akan memprogramkan setiap hari ke Kampung Al Munawar selama enam bulan pada tahun ini," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya akan membuat kelompok kerja (pokja) di sana baik itu pokja industri kreaktifnya, pokja keamanan, pokja kebersihan, pokja kesehatan dan sebagainya.

Ia mengatakan, SDM-nya harus dibangun setelah dibangun infrastruktur, jadi infrastruktur yang telah disumbangkan atau dihibahkan kepada masyarakat bisa dirawat oleh pokja atau masyarakat setempat.

Sementara mengenai sistem bagaimana mereka bisa mengelola keuangannya sehingga masyarakat atau wisatawan yang berkunjung ke sana bisa menjadi pendapatan oleh masyarakat setempat.

Kemudian lanjutnya, bagaimana penataan misalnya pedagang-pedagangnya harus standarisasi atau Standar Operasional Prosedur (SOP).

Selanjutnya juga bagaimana kuliner di sana, kemudian bagaimana industri-industri yang lain.

"Ini kita targetnya enam bulan sudah rampung pada tahun 2017 dan yang kita fokuskan," katanya.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga