Disbudpar minta kabupaten pacu kegiatan pariwisata

id irene, kadispar, irene camelyn

Disbudpar minta kabupaten pacu kegiatan pariwisata

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan Irene Camelyn Sinaga (Foto Antarasumsel.com/Feni Selly/Parni)

Palembang (Antarasumsel.com) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan meminta pemkab dan pemkot agar memacu kegiatan sektor kepariwisataan guna meningkatkan arus kunjungan wisatawan.

"Salah satu daerah yang perlu memacu perhatian di sektor kepariwisataan adalah Kota Pagaralam karena memiliki potensi wisata alam yang cukup menarik dan memikat wisatawan," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumatera Selatan, Irene Camelyn di Palembang, Kamis.

Menurut dia, memang di Sumsel terdapat 17 kabupaten dan kota, tapi mungkin pihaknya mengutamakan sesuai dengan prioritas nasional.

"Tetapi tidak menutup kemungkinan kita juga harus turun ke daerah-daerah lainnya," katanya.

Ia mengatakan, banyak potensi di Sumatera Selatan seperti Danau Ranau di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, kemudian Kabupaten Banyuasin, Muaraenim, Lahat, Empat Lawang, Lubuklinggau dan Penukal Abab Lematang Ilir.

"Tentunya kami dalam hal ini perlu dukungan kabupaten dan kota sehingga bisa berbuat lebih banyak lagi dari tahun-tahun sebelumnya," tuturnya.

Sementara itu ia juga menyampaikan bahwa untuk obyek wisata Bukit Siguntang diteruskan penataannya pada tahun 2017.

"Mudah-mudahan tahun ini bisa mendapat bantuan Rp10 miliar dari Kemenpera. Kalau tahun 2016 sudah dibangun zonasi atas dan tahun ini zonasi tengah dan zonasi bawah di 2017," katanya.