Anggota TNI bantu petani ikut tanam padi

id sawah, tanam padi, tni bantu tanam padi sawah

Anggota TNI bantu petani ikut tanam padi

Tanam padi sawah (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly/16/Den)

Magelang (Antarasumsel.com) - Sejumlah anggota TNI yang bertugas di Koramil Secang, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, membantu petani setempat melakukan penanaman padi dengan sistem jajar legowo.

"Keterlibatan anggota kami dalam membantu petani ini dalam rangka menyukseskan program ketahanan pangan nasional," kata Komandan Koramil 05/Secang Kabupaten Magelang Kapten Arm Untung Supriyanto di Magelang, Jumat.

Ia menjelaskan tentang pentingnya keterlibatan bintara pembina desa di kawasan setempat dalam membantu aktivitas petani mengolah lahan pertaniannya.

Para babinsa, ujarnya di sela memimpin anggotanya menanam padi di areal milik petani Dusun Karangtalun, Desa Karangkajen, Kecamatan Secang itu, terus berupaya memberikan bantuan kepada petani agar produksinya semakin baik.

Saat ini, ujarnya, curah hujan di kawasan setempat masih relatif tinggi dan membuat cadangan air melimpah.

Ia mengatakan lahan kering di daerah setempat yang selesai ditanami sayuran kemudian oleh pemiliknya ditanami padi.

Dalam pendampingan terhadap petani setempat, anggota TNI juga bersinergi dengan petugas penyuluh lapangan pertanian di daerah itu.

"Para babinsa dan petugas penyuluh lapangan diharapkan mampu memberikan motivasi kepada petani. Mereka menjadi garda terdepan dalam menyukseskan program swasembada pangan," katanya.