Rabu, 22 Februari 2017

City hancurkan West Ham United 5-0

id city, West Ham United , Yaya Toure
City hancurkan West Ham United 5-0
Yaya Toure (AFP/ANTARA)
London (Antara/Reuters) - Manchester City menghancurkan West Ham United dengan skor 5-0 untuk memberikan perkenalan sempurna mengenai Piala FA kepada manajer Pep Guardiola, ketika mereka melaju ke putaran keempat dengan kemenangan meyakinkan di Stadion London pada Jumat.

Setelah membuka keunggulan melalui Yaya Toure dari titik penalti, juara lima kali itu meneror lawannya melalui serangan tajam mereka, memberikan kekalahan kandang terburuk bagi "The Hammers" di kompetisi ini.

Mereka selamat dari ancaman soliter ketika pemain tuan rumah Sofiane Feghouli melepaskan tembakan melebar di depan mulut gawang yang terbuka, namun memasuki masa turun minum dengan keunggulan 3-0 setelah gol bunuh diri dari Havard Nordtveit dan upaya David Silva.

Sergio Aguero kemudian memasukkan bola ke gawang lawan pada awal babak kedua untuk menjadi pencetak gol terbanyak peringkat ketiga dalam sejarah City, dan bek John Stones mengemas gol pertamanya untuk klub dengan tandukan dari tendangan sudut saat pertandingan menyisakan tujuh menit.

Jika penampilan inkonsisten City telah mulai membebani manajer Guardiola, yang perasaannya naik-turun menyusul kemenangan mereka atas Burnley di Liga Inggris pada Senin, semangat pria Spanyol itu akan terangkat dengan penampilan mereka di London.

Terdapat nuansa bekas timnya Barcelona pada beberapa permainan serangan City dan cara mereka menaklukkan West Ham, yang terlihat lamban sejak awal pertandingan dan tidak mampu berbuat banyak selama menjalani mimpi buruk 90 menit.

Upaya-upaya dari Pablo Zabaleta dan Silva, yang diblok dan digagalkan bek Winston Reid dan kiper Adrian, menjelaskan niat City sejak awal, namun mereka harus menunggu sampai menit ke-33 untuk mencetak gol dari titik putih.

Zabaleta merangsek ke gawang dan tumitnya dilanggar Pedro Obiang, membuat Toure dapat mengeksekusi penalti dan memasukkan bola melewati Adrian.

Pemain West Ham Feghouli, yang berada di bawah tekanan dari Gael Clichy, melepaskan sepakan melebar dari jarak dua meter dengan mulut gawang yang terbuka, namun itulah peluang terbaik yang dimiliki tuan rumah.

Dua gol City dalam dua menit sebelum turun minum secara efektif menyelesaikan pertahanan lawan, di mana kedua gol tercipta dari pergerakan operan yang mengalir mulus.

Nordtveit memasukkan bola ke gawangnya sendiri dengan Raheem Sterling berupaya menggandakan keunggulan City, sedangkan pemain sayap Inggris itu kemudian mengumpankan bola kepada Silva untuk dengan tenang mengendalikan bola dan mengarahkan bola masuk ke gawang dalam waktu dua menit sebelum turun minum.

Harapan apapun terkait kebangkitan di babak kedua berantakan lima menit setelah pertandingan kembali dimulai, ketika Aguero mencetak gol pentingnya, membelokkan tembakan Toure dari jarak dekat untuk menjadi gol ke-154nya untuk klub, unggul satu gol dari Colin Bell. Hanya Tommy Johnson (166 gol) dan Eric Brook (178) yang memiliki koleksi gol yang lebih banyak.

Stones melengkapi kemenangan timnya dengan tandukan kepala yang sempat diupayakan oleh Mark Noble untuk disapu keluar garis gawang.    (Penerjemah H-RF/A.R.A Adipati)

Editor: Indra Gultom

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga