Warga gotong royong antisipasi banjir

id gotong royong, sampah, lingkungan, warga, saluran air

Warga gotong royong antisipasi banjir

Warga Lorong Daruruhama RT 28, 29, dan 30 Kecamatan Plaju, Palembang melakukan gotong royong membersihkan sampah pada saluran pembuangan air, Minggu (8/1). (Antarasumsel.com/Muhamad Safei/17/I016)

Palembang (Antarasumsel.com) - warga Kecamatan Plaju Kota Palembang melakukan gotong royong secara
serentak guna mengurangi risiko ancaman banjir dan wabah demam berdarah saat musim penghujan.

Kegiatan gotong-royong warga tersebut pada Minggu pagi atau mulai pukul 07:00 WIB, salah satunya di Lorong Daruruhama RT 28, 29, dan 30 Kecamatan Plaju.

"Kegiatan serempak  gotong royong ini bisa meningkatkan kerja sama yang baik antarwarga dan juga meningkatkan rasa kekeluargaan," kata Ketua RT 29, Wisol (36).

Disamping itu gerakan gotong-royong amat positif untuk mengontrol sampah yang berserakan di jalan dan di gorong-gorong, ujar Kandar, warga setempat.

Pembersihan di jalur pembuangan air ini menjadi prioritas utama karena sangat baik untuk mengurangi risiko banjir. Sampah yang menutupi saluran air dapat menyumbat saluran pembuangan air.

Dampak penyumbatan air tersebut dapat menyebabkan berkembangnya jentik nyamuk. "Kegiatan ini harus selalu dilestarikan jangan sampai hilang karena cukup baik untuk menjaga kebersihan lingkungan hidup," tutupnya.