Wacana renovasi Pasar Cinde pengaruhi omzet penjualan

id pasar, renovasi pasar cinde, mempengaruhi pedagang

Wacana renovasi Pasar Cinde pengaruhi omzet penjualan

Wacana renovasi Pasar Cinde Palembang sempat mempengaruhi omzet penjualan para pedagang (Foto antarasumsel.com/Aziz/16/Parni)

Palembang (Antarasumsel.com) - Wacana renovasi pasar tradisional Cinde Palembang sempat mempengaruhi omset para pedagang di pasar tersebut,  terutama para pemilik usaha bordir pakaian. 

"Pada awal-awal wacana renovasi pasar semakin hangat banyak pelanggan kami yang pindah ke usaha bordir di luar Pasar Cinde dan omset kami pada waktu itu menurun sekitar 30 persen dari biasanya," kata Joni (47) seorang pemilik usaha bordir di Pasar Cinde Palembang, Minggu. 

Ia mengatakan, selain pembeli banyak juga pedagang yang pindah atau keluar dari Pasar Cinde ke pasar tradisional lain di Palembang, karena mulai menurunnya daya beli masyarakat. 

Ia mengatakan, Ketidakjelasan mengenai waktu renovasi juga membuat pedagang dan pemilik usaha bordir tidak tenang, karena itu artinya semakin beresiko mengurangi jumlah pedagang dan pembeli.

Ia sendiri mengaku, belum menerima informasi apapun dari Kepala Pasar Cinde mengenai renovasi pasar tersebut,  baik masalah waktu maupun relokasi para pedagang. 

"Padahal pelanggan bordir Pasar Cinde tidak hanya dari Kota Palembang saja, tetapi juga dari luar kota," ungkap Joni. 

Ia menjelaskan,  80 persen  pembuatan pakaian dan bordir di Kota Palembang serta sebagian provinsi Sumatera Selatan masih di kuasai Pasar Cinde dengan keuntungan pedagang rata-rata Rp1 juta perhari.  

Angka tersebut berpotensi turun jika pemerintah kotah maupun provinsi tidak merencanakan renovasi Pasar cinde secara matang,  seperti menyiapkan tempat relokasi sementara bagi pedagang. 

"Kalau waktu renovasi sudah ditentukan tapi tempat relokasi belum ada, bisa jadi banyak pedagang tidak bisa beroperasi,  ada kemungkinan pelanggan pergi, dan kami bisa rugi," katanya.

Ia berharap, pemerintah melalui dinas terkait segera merealisasikan renovasi Pasar Cinde mengingat usianya yang sudah tua, serta telah mengalami kerusakan di beberapa bagian bangunan untuk menambah kenyamanan pedagang dan pembeli. 

Sementara saat ini omset penjualan berangsur meningkat kembali dan cenderung stabil setelah wacana renovasi pasar tidak lagi hangat dibicarakan di masyarakat.