Mantan Pelatih PSG Kandidat Terkuat Pelatih Timnas

id timnas Indonesia, Luis Fernandez, Luis Milla, pelatih timnas, pelatih asal Spanyol, Kongres PSSI
Mantan Pelatih PSG Kandidat Terkuat Pelatih Timnas
Sejumlah pesepak bola tim nasional Indonesia melakukan latihan. (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf/Ang/16)
Bandung, (Antarasumsel.com) - Luis Fernandez dan Luis Milla menjadi dua kandidat terkuat untuk melatih timnas Indonesia senior dan U-23 dan keberadaan dua pelatih asal Spanyol ini diumumkan secara resmi pada Kongres PSSI di Hotel Aryaduta, Bandung, Minggu.

"Benar dua orang itu kandidat pelatih timnas senior dan U-23. Besok akan kami putuskan. Kalau bisa malam ini kami putuskan siapa yang menjadi pelatih timnas," kata Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi usai kongres.

Dua kandidat pelatih timnas ini sudah cukup dikenal karena sudah banyak menukangi tim-tim besar. Luis Fernandez bahkan pernah menukangi klub asal Prancis, Paris Saint Germain. Sedangkan Luis Milla pernah menukangi Real Zaragoza.

Meski belum dipilih secara resmi, pelatih timnas senior dan U-23 ini langsung mendapatkan tantangan untuk membangun timnas karena beberapa kejuaraan internasional sudah menghadang. Selain pertandingan agenda FIFA juga ada SEA Games 2017 dan Asian Games 2018.

Namun, dari beberapa agenda tersebut PSSI lebih cenderung memaksimalkan pengganti Alfred Riedl ini untuk menangani timnas U-23 yang akan turun di SEA Games 2017 Malaysia Agustus nanti dan puncaknya Asian Games 2018 di Tanah Air.

Selain timnas senior dan U-23, pada kongres pertama PSSI dibawah kepemimpinan Edy Rahmayadi ini juga dipilih dua kandidat pelatih timnas U-19 yaitu Indra Sjafri dan Wolfgang Pikal. Kedua pelatih ini bakal bersaing ketat, apalagi Indra sudah memiliki prestasi yang bagus saat menukangi timnas Garuda Muda.

Tidak hanya itu, kongres juga menetapkan dua kandidat untuk pelatih timnas Indonesia U-16 yaitu Fakhri Husaini dan Rudy Eka Priyambada. Kedua pelatih ini juga dikenal sudah berpengalaman. Saat ini hanyalah menunggu keputusan final dari PSSI.

PSSI saat ini bahkan sudah menyusun program untuk ketiga timnas termasuk kemana timnas bakal menjalani pertandingan ujicoba. Spanyol menjadi salah satu negara yang bakal menjadi tujuan untuk program peningkatan prestasi sepak bola Indonesia.

"Kami harapkan semuanya cepat bekerja. Pelatnas semuanya bisa dilakukan pada Januari ini," kata Sekjan PSSI Ade Wellington di sela mengumumkan nama-nama kandidat pelatih timnas.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga