Jumat, 28 Juli 2017

Eksistensi jamu tradisional bertahan di pasaran

id jamu, jamu tradisional, jamu tradisionl tetap bertahan
Eksistensi jamu tradisional bertahan di pasaran
Pedagang jamu gendong tetap eksis (Foto: antarasumsel.com/Banu S)
Palembang ( Antarasumsel.com ) - Meski tergerus dengan maraknya minuman energi eksistensi jamu tradisional atau jamu gendong yang diracik secara manual dari ramuan turun-temurun mampu bertahan di pasaran.

"Menjadi penjual jamu tradisional bagi saya bukan hal baru, pelangga yang begitu banyak dari semua kalangam masyarakat membuat terus tekun menggeluti pekerjaan ini," kata Titin (44) pedagang jamu gendong di Palembang, Senin.

Ia mengaku, lebih dari 19 tahun pekerjaan menjual jamu digeluti, dalam satu hari  melakukan dua kali penjualan di pagi dan sore hari.

Pelanggan dipagi hari adalah Ibu-Ibu, sedangkan untuk pelanggan di sore hari rata-rata pekerja yang membutuhkan stamina usai bekerja seharian.

Untuk bahan jamu yang diraciknya semua berbahan baku asli dari tumbuh-tumbuhan tradisional rempah asli Indonesia biasanya digunakan untuk membuat jamu adalah kunyit, kencur, jahe, daun pepaya, temu lawak, kayu manis, jeruk nipis, asam jawa dan aneka rampah lainnya.

Jamu tradisional ini merupakan salah satu minuman herbal alami yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, terbuat dari bahan rempah alami khas Indonesia memiliki ke khas-an  berbeda dari aneka minuman lainnya.

Di Indonesia memang memiliki banyak kreasi olahan jamu yang segar, seperti kunyit asem, cabai puyang, jamu sehat wanita, jamu daun pepaya, jamu teh telur, wedang jahe, beras kencur, jamu kencur, jamu temulawak dan lainnya.

"Aneka jamu tradisional dalam botol ini bisanya dijual dengan digendong oleh penjual yang mengenakan baju kebaya lengkap dipadu rok dan rambut sanggul," katanya.

Namun seiring peningkatan ekonomi masyarakat, penjual jamu gendong saat ini telah menggunakan sepeda motor untuk memasarkan jamu tradisionalnya.

Ia mencontohkan jenis jamu tradisional, wedang belimbing wuluh gula aren yang dapat menyembuhkan batuk, wedang jahe susu biasanya dijual diangkringan, wedang jahe serai obat pegel linu, bir pletok, bajigur, wedang ronde, bandrek obat masuk angin dan lain sebagainya.

Jamu merupakan minuman kesehatan yang bermanfaat untuk mengobati penyakit atau sekedar menjaga kondisi tubuh agar kesehatan tetap terjaga, segar dan bugar seperti olahan jamu kencur yang segar, katanya.

Editor: M. Suparni

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga