Loeb rebut keunggulan dakar dari Peterhansel

id Dakar Rally - 2017 Paraguay-Bolivia-Argentina Dakar rally - 39th Dakar Edition - Eighth stage from Uyuni, Bolivia to Salta, Argentina 10/01/17. Peugeo

Loeb rebut keunggulan dakar dari Peterhansel

Sopir Peugeot Sebastien Loeb dan co-driver Daniel Elena Perancis dalam Rally Dakar (REUTERS)

Sucre (Antara/Reuters) - Sebastien Loeb memenangi stage kedelapan Reli Dakar dan merebut kembali keunggulan dari rekan setimnya di Peugeot Stephane Peterhansel pada Selasa, ketika pereli Prancis itu memimpin pada perjalanan ke Argentina dari Bolivia.

Elemen waktu di stage ini kembali dipersingkat karena cuaca buruk, yang membuat penyelenggaraan reli menjadi sulit sejak akhir pekan.

Peterhansel, yang memimpin satu menit 57 detik sepanjang malam, mengakhiri hari dengan tertinggal 38 detik di belakang juara dunia reli sembilan kali, yang memenangi stage ketiganya pada ajang tahun ini.

Bahkan mungkin Loeb, yang start setelah rekan setimnya, akan unggul lebih banyak, jika ia tidak mengalami masalah di perbatasan Argentina.

"Saya benar-benar berusaha keras karena hari ini stage seperti saah satu yang saya sukai, dengan jalan-jalan cepat, di maan kemarin lebih seperti padang pasir dengan bukit-bukit," kata Loeb.

"Saya ingin berusaha untuk membuat celah pada hari ini namun akhirnya saya mengalami tusukan di bagian akhir stage maka saya kehilangan beberapa menit untuk mengganti roda," tambahnya.

"Pada saat ini pertarungan terlihat seperti berlangsung antara saya dan Stephane, namun menurut saya dua hari mendatang akan sangat, sangat berat, dan apapun dapat terjadi di sana."
Reli ini, yang akan berakhir di Buenos Aires pada Sabtu, menjadi salah satu olahraga adu ketahanan terberat di dunia otomotif.

Sebelumnya, reli ini berlangsung dari Paris melintasi Sahara menuju ibukota Senegal, kemudian dipindah ke Amerikda Selatan pada 2009 karena alasan-alasan keamanan.

Pada kategori sepeda motor, pereli Britania Sam Sunderland meningkatkan keunggulan keseluruhannya setelah finis di posisi ketiga pada stage yang dimenangi pereli Spanyol Joan Barreda.

Sunderland kini unggul nyaris 21 menit atas pereli Chile Pablo Quintanilla.    
"Ini benar-benar basah, dan sulit untuk melalui beberapa tempat. Saya beberapa kali berhenti untuk mengganti goggle saya dan mengganti sarung tangan saya dan hal-hal kecil, terjadi karena ini begitu banyak," tuturnya.

"Saya tidak dapat melihat petunjuk, saya tidak dapat melihat ke mana saya melaju," tambah Sunderland, yang mengatakan dirinya menyelesaikan 100 kilometer terakhir tanpa rem belakang.(H-RF)