Rabu, 23 Agustus 2017

Warga Baturaja keluhkan jalan kota rusak parah

id jalan, jalan kota rusak
Warga Baturaja keluhkan jalan kota rusak parah
Jalan di tengah kota kawasan Jembatan Ogan IV mengalami rusak dan amblas. (Foto: antarasumsel.com/Edo Purmana)
Baturaja (Antarasumsel.com) - Sejumlah warga Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, mengeluhkan keparahan kerusakan badan jalan di tengah kota menuju Jembatan Ogan IV.

Badan jalan di kawasan itu berlubang-lunban dan berlumpur, sehingga membahayakan pengendara, kata Sangkut (41) warga yang setiap hari melintas di Baturaja, Rabu.

Menurut dia, kerusakan jalan itu sudah terjadi sejak sebulan terakhir, terlebih pada musim hujan sekarang ini, kerusakan semakin parah, selain banyak terdapat lubang dan kubangan.

Longsor di sebagian badan Jalan Ogan IV yang sudah terjadi sejakk beberapa waktu lalu, kini sudah melebar dan semakin dalam.

Menurut Hendra, warga lainnya, dua minggu lalu badan jalan yang terbuat dari cor semen masih menyisakan tanah sedikit di atasnya, namun sekarang semuanya sudah amblas ke bawah.

Menurut dia, pengendara yang lewat di jalan lingkar tersebut sekarang semua terfokus melewati separuh badan jalan masih tersisa.

"Jika longsornya tak cepat diperbaiki, maka saya yakin dalam waktu dekat sisa badan jalan yang ada juga akan ikut amblas," katanya.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas PU Bina Marga, Cipta Karya dan Pengairan Ogan Komering Ulu Helman menjelaskan pihaknyaakan segera melakukan tende perbaikan longsor di Jalan Ogan IV.

"Tahun ini kerusakannya akan kami perbaiki. Sekarang proyeknya lagi ditender. Saya berharap masyarakat bersabar," katanya.

Dia menjelaskan, pihaknya sendiri sebelumnya sudah menugaskan tim ahli untuk mengecek ke lokasi lingsor guna melihat seberapa parah kerusakan tersebut, sehingga bisa ditentukan berapa besar dana dibutuhkan untuk memperbaiki kerusakan jalan itu.

"Jadi tidak benar kami diam saja, karena begitu ada laporan mengenai longsor tersebut, saya sudah tugaskan tim ahli untuk memeriksa silang ke lapangan. Karena itu, pada awal tahun ini proyek perbaikannya bisa kami tenderkan," katanya.

Editor: M. Suparni

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga