Kamis, 19 Januari 2017

Wali kota minta masyarakat berani laporkan pungli

id walikota, wali kota harnojoyo
Wali kota minta masyarakat berani laporkan pungli
Pelantikan tim Saber Pungli Kota Palembang. (Foto: antarasumsel.com/Aziz Munajar)
Palembang (Antarasumsel.com) - Wali Kota Palembang Harnojoyo, meminta kepada masyarakat  berani melaporkan pelaku pungutan liar yang kerap meresahkan berbagai pihak.

"Kami mengharapkan masyarakat kalau ada ditemukan kasus pungutan liar (Pungli) yang nilainya melebihi ketentuan,  maka segera melapor," kata Harnojoyo usai mengukuhkan satuan tugas sapu bersih pungutan liar (Satgas Saber Pungli) Kota Palembang, Rabu.

Ia mengatakan, satgas saber pungli telah menjadi gerakan nasional sebagai  
momentum aparatur negara dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih guna memulihkan kepercayaan publik.

Menurut dia, dalam menjalankan tugasnya satgas saber pungli tidak akan pandang  
bulu menindak siapapun pelaku pungli, baik berdasarkan laporan masyarakat ataupun temuan  tim satgas sendiri.

Sementara, terpilih sebagai Ketua Pelaksana Satgas adalah Wakapolres Kota Palembang, AKBP Iskandar  F.S, dibantu empat kelompok kerja (pokja) yakni pokja unit intelijen, unit pencegahan, unit penindakan, dan unit yustisi dengan keseluruhan pelaksana berjumlah 40 orang.

"Kami melaksanakan instruksi Presiden Joko Widodo mengenai saber pungli dengan sasaran  utama menyangkut pos-pos pelayanan publik," kata AKBP Iskandar F.S usai dikukuhkan.

Iskandar menegaskan, sasaran satgas saber pungli adalah instasnsi pemerintah, aparat, dan  masyarakat secara luas, termasuk tukang parkir yang sering menaikkan tarif tinggi.

"Masyarakat yang melihat atau menjadi korban pungutan liar  bisa langsung melaporkan ke Polresta Palembang dan pelapor akan mendapatkan perlindungan dari pihak kepolisian atau  satgas, jadi tidak perlu takut lagi untuk melaporkan pungli," kata AKBP Iskandar.

Editor: M. Suparni

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga