Petani Singkil lakukan penanaman serentak februari 2017

id petani, Kabupaten Aceh, Singkil, penanaman padi, 800 haktare, menyemai, bisa panen

Petani Singkil lakukan penanaman serentak februari 2017

Petani menanam bibit padi. (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly/Den)

Singkil, Aceh (Antarasumsel.com)  -  Para petani di Kabupaten Aceh Singkil akan melakukan penanaman padi secara serentak pada Februari 2017 seluas 800 haktare, guna tercapainya target menyemai dan bisa panen tiga kali dalam setahun.

Kepala Dinas Pertanian tanaman pangan Kabupaten Aceh Singkil Sahbudin SP di Singkil, Jumat menyebutkan, target penanaman 800 hektare dari 1.500 hektare itu tersebar seluruh kecamatan, kecuali Kecamatan Kuala Baru.

Sahbudin menyebutkan, penanaman dibulan Februari itu sudah tergolong molor, seharusnya dimulai sejak akhir bulan Desember 2016, karena musibah banjir yang melanda Aceh Singkil sebulan yang lalu dan sepekan ini di awal tahun 2017.

"Menurut prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Aceh, curah hujan tinggi yang mengguyur Aceh Singkil di awal 2017 sampai akhir bulan Februari, namun para petani mau tidak mau harus tetap melakukan penanaman benih padi di bulan Februari demi tercapainya target," jelasnya.

Tapi,  sambung Sahbudin, kalau pengerjaan Detail Engineering Desain (DED) cetak sawahnya sudah lengkap bisa lebih dari 800 hektare, karena ada 742 hektare lahan sawah yang sudah masuk tahap DED.

Dikatakan, 742 hektare juga sudah disurvey investigasi sekaligus dipetakan pihak Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh, artinya kerjasama dengan pihak perguruan tinggi negeri itu akan mendukung teknis kerja yang maksimal bagi petani.

Kemudian, terkait banjir yang melanda lahan pertanian Aceh Singkil sepekan ini, Sahbudin, menyebutkan petani Singkil tidak ada mengalami kerugian.

"Sedangkan 42 lahan persawahan yang mengalami puso akibat banjir sebulan lalu sudah kita tindak lanjuti," ujar.