Ki Joko Bodo kini hobi jalan-jalan setelah pensiun

id Ki Joko Bodo, Agus Yulianto, pemandu tur, wisata rohani, tour leader, agent travel

Ki Joko Bodo kini hobi jalan-jalan setelah pensiun

Ki Joko Bodo saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (12/1). (ANTARA News/ Lia Wanadriani Santosa/Ang)

....Kalau Islam aku misalnya jadi tour leader ke Mekah, kalau Hindu ke India. Negara-negara spirit agama seperti Hindu, Budha, Kristen, Katolik, Islam....
Jakarta (Antarasumsel.com) - Agus Yulianto atau lebih dikenal sebagai Ki Joko Bodo kini tengah sibuk menjalankan berbagai hobinya, salah satunya menjadi pemandu tur wisata rohani.

"Masih seperti dulu saja. Hanya ada macam-macam kegiatan, karena hobi aja. Aku ini tour leader. Jadi aku ini diminta oleh sebuah agent travel, kerja untuk makan sebenarnya," kata dia kepada ANTARA News di Jakarta, Kamis.

Ki Joko Bodo mengatakan, pekerjaannya itu mengharuskannya pergi ke berbagai belahan dunia, mulai dari India, kawasan Arab, Roma dan wilayah lainnya.

"Kalau Islam aku misalnya jadi tour leader ke Mekah, kalau Hindu ke India. Negara-negara spirit agama seperti Hindu, Budha, Kristen, Katolik, Islam," kata dia.

Kendati enggan menyebutkan nama travel yang dimaksud, Ki Joko Bodo mengaku pekerjaan di bidang travel adalah impiannya sejak dulu.

"Aku tertutup, enggak akan mengatakan nama agent travelnya apa. Kalau ternyata kerjanya begini sebenarnya mau aku," tutur dia yang juga mengaku masih menjalankan sejumlah ritual khusus.

"Memang baru ketahuan yang Islam. Tetapi narasi dari media itu tobat. Padahal kalau tobat kan dari dulu," pungkas dia.