Danlanud Palembang nyatakan siap sukseskan Asian Games

id Komandan Pangkalan, TNI Angkatan Udara, Sri Mulyono, Kol (Pnb), Ronald Siregar, Asian Games, peserta pesta olahraga internasional

Danlanud Palembang nyatakan siap sukseskan Asian Games

Danlanud Palembang Kol (Pnb) Ronald Siregar (Foto: antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang (Antarasumsel.com) - Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara Sri Mulyono Palembang, Kol (Pnb), Ronald Siregar menyatakan siap menyukseskan Asian Games 2018, dengan menyediakan bandara yang lama untuk kedatangan para tamu peserta pesta olahraga internasional mendatang.

Danlanud Sri Mulyono Palembang, Kolonel (Pnb) Ronald Siregar kepada wartawan di Palembang, Jumat mengatakan, lapangan udara itu nantinya dapat digunakan untuk landasan parkir pesawat dari berbagai negara.

Pesawat tamu VIV atau kepresidenan bisa menggunakan landasan udara yang sebelumnya bernama Talang Betutu tersebut, ujar dia.

Ia mengatakan, pesawat berbadan kecil bisa parkir di landasan udara yang sekarang ini tidak digunakan lagi.

Menurut dia, disiapkan tempat pada bandara lama tersebut karena Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang tidak bisa menampung semua pesawat para peserta Asian Games dari 45 negara yang akan menghadiri pesta olahraga internasional mendatang.

Oleh karena itu pihaknya menawarkan kepada Pemerintah Provinsi Sumsel dan pemerintah pusat untuk menggunakan landasan udara lama, ujar dia.

Memang, lanjut dia, bandara lama Talang Betutu yang sudah berganti nama menjadi Bandara Sri Mulyono Herlambang itu, cukup luas dan sekarang ini tidak digunakan lagi sehingga siap untuk menampung kedatangan para peserta dan tamu pesta olahraga akbar mendatang.

Jadi sayang bila tidak digunakan apalagi Sumsel akan kedatangan ribuan tamu mancanegara, kata dia.

Apalagi bandar udara itu juga cukup luas dengan landasan pacu 3.000 meter, ujar dia.

Selain itu landasan udara tersebut juga bisa digunakan untuk pemberangkatan jamaah calon haji, tambah dia.