Harga minyak turun tertakan kekhawatiran kesepakatan OPEC

id minyak dunia, opec, pengekspor minyak, mengurangi produksi, harga minyak, pasokan global, West Texas Intermediate, Brent North Sea

Harga minyak turun tertakan kekhawatiran kesepakatan OPEC

Harga minyak dunia turun-ilustrasi (ANTARANEWS/Ardika)

New York (Antara/Xinhua) - Harga minyak dunia berakhir lebih rendah pada Jumat (Sabtu pagi WIB), tertekan meningkatnya kekhawatiran tentang sejauh mana negara-negara anggota OPEC (Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak) menerapkan kesepakatan pengurangan produksi.

OPEC mencapai kesepakatan pada November lalu untuk memotong produksi minyak guna mengekang kelebihan pasokan global yang telah menekan harga selama lebih dari dua tahun. Meskipun beberapa negara telah berjanji untuk melaksanakan kesepakatan, masih ada kekurangan bukti kuat dari pengurangan produksi tersebut.

Para investor juga khawatir bahwa meningkatnya pasokan minyak AS mungkin mengimbangi penurunan, yang membebani harga minyak pada perdagangan Jumat.

Badan Informasi Energi AS (EIA) mengatakan dalam laporan mingguannya pada  Rabu bahwa persediaan minyak mentah AS naik 4,1 juta barel pekan lalu menjadi 483,1 juta barel, naik 7,1 persen dari waktu yang sama tahun lalu
Patokan AS, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Februari turun 0,64 dolar AS menjadi menetap di 52,37 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange.

Sementara itu, patokan global, minyak mentah Brent untuk pengiriman Maret berkurang 0,56 dolar AS menjadi ditutup pada 55,45 dolar AS per barel di London ICE Futures Exchange.