Harga emas di Bali naik ke level tinggi

id emas, Harga emas, berjangka, COMEX New York, Mercantile Exchange, dolar, ekuitas Amerika Serikat, per ounce, Volume perdagangan, logam mulia

Harga emas di Bali naik ke level tinggi

Petugas PT Pegadaian (Persero) menunjukkan emas batangan . (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/ama/)

Denpasar  (Antarasumsel.com) - Harga emas di pasaran selama tujuh pekan terakhir ini melambung tinggi hingga mencapai Rp599.000 per gram, namun tidak terpengaruh dengan  Logam Mulia (LM) Antam Butik Emas Bali.

Kami optimistis dengan harga emas yang semakin tinggi  di wilayah wisata Pulau Dewata, akan mampu menjadi daya tarik tersendiri karena mendapatkan nilai investasi yang baik," kata Pimpinan Logam Mulia (LM) Butik Emas Bali, Risqon, di Bali, Sabtu.

Ia mengatakan, tingginya harga emas tersebut juga ditopang pernyataan Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Donald Trump yang memicu ketidakpastian di pasar uang, mungkin nantinya akan  banyak keputusan dan kebijakan  baru.

Hal itu akan berpengaruh terhadap saham emas, sehingga untuk  investasi emas tidak terpengaruh dengan inflasi.

Risqon yang baru tiga bulan memimpin  Butik Emas Bali, mengaku puas dengan hasil penjualan yang cukup mencapai target  bulanan, biasanya diakhir tahun masyarakat belum antusias ke investasi Emas  hanya untuk menikmati wisata dan liburan di Pulau Bali.

Pelanggan yang kebanyakan masyarakat Bali, umumnya senang mengoleksi emas, sekaligus investasi, sehingga pembeli yang datang ke Logam Mulia Butik  Emas Bali 60 persen masyarakat Bali, 20 persen wisatawan domestik, dan sepuluh  persen Wisatawan mancanegara, ujar Risqon.

Bahkan sejumlah Pengrajin Bali mulai melirik  emas dan perak Antam, sebagai bahan baku aneka kerajinan yang diproduksi untuk  memenuhi pesanan dari pasar ekspor.

Kondisi demikian mendorong penjualan Logam Emas Butik Emas Bali dapat lebih  banyak dalam tahun 2017.          
Risqon menggambarkan, penjualan emas Antam dalam sepuluh  bulan terakhir ini menunjukkan peningkatan yang berarti  karena hampir dua  kali lipat dari rata-rata 6-7 kg per bulan menjadi antara sebelas hingga  12 kg per bulan.

    
Meningkat tipis
Sementara Kepala Cabang Pegadaian Kabupaten Tabanan, Gusti Nyoman Arka dalam kesempatan terpisah menjelaskan,
harga emas mulai mengalami lonjakan tipis, namun  kalangan Lembaga Keuangan Non Bank (LKNB) belum berani menyikapi harga emas tersebut dengan menyesuaikan harga terbaru.

Membaiknya harga emas itu setelah sebelumnya  mengalami penurunan harga menjelang pergantian tahun
lalu.

Sejak awal tahun 2017 hingga saat ini  harga emas dunia juga mulai mengalami lonjakan, meskipun  masih sangat tipis.

"Kami belum menyesuaikan harga terbaru itu karena kondisi tersebut masih dikisaran tipis dan belum stabil," ujar Gusti Nyoman Arka.

Ia menambahkan, harga emas sudah mulai membaik pada tahun ini, namun kondisi tersebut belum berpengaruh terhadap nilai taksiran emas pada produk gadai, Sebab, hingga kini nilai taksiran di Pegadain masih menggunakan patokan sebelumnya, yakni pada tahun 2016 dengan nilai Rp 475.000 per gram.

Perubahan nilai taksir tersebut kemungkinan akan dilakukan menunggu momentum sekaligus menunggu kondisi stabilnya harga emas lebih lanjut, ujarnya.