Dibutuhkan "media baik" untuk mendidik masyarakat

id pers, wartawan, good media, media yang baik, Gubernur Sumatera, Utara HT Erry Nuradi, memberikan pendidikan, informasi benar

Dibutuhkan "media baik" untuk mendidik masyarakat

Ilustrasi- wartawan saat meliput. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/kye/16/Ang)

Medan (Antarasumsel.com) - Gubernur Sumatera Utara HT Erry Nuradi mengatakan masyarakat membutuhkan "good media" atau media yang baik untuk memberikan pendidikan dan informasi yang benar sehingga semakin cerdas dan mendapatkan informasi yang tepat dan berimbang.

"Jadi, bukan hanya 'good goverment' (pemerintah yang baik) yang dibutuhkan, tetapi juga 'good media'," kata Gubernur Sumut HT Erry Nuradi ketika berdialog dengan sejumlah wartawan di Medan, Senin.

Gubernur menambahkan mungkin media massa perlu mengubah pola pemberitaan yang selama ini terkesan menerapkan prinsip "bad news is good news" atau informasi yang buruk menjadi berita yang menarik.

Untuk semakin mendidik masyarakat, termasuk untuk tidak menimbulkan kejenuhan atas informasi negatif yang selalu diterima, mungkin sudah saatnya media massa rutin menampilkan informasi yang positif, ujarnya.

Ia mencontohkan dengan pemberitaan mengenai keberhasilan pemerintah atau program-program yang disiapkan dalam peningkatan kesejahteraan rakyat.

"Selama ini fenomenanya mungkin 'bad news is good news', selanjutnya harus bisa 'good news is good news'," katanya.

Gubernur mengingatkan kembali empat fungsi media yakni sebagai sarana informasi, edukasi, hiburan dan pengawasan atas penyelenggaraan pemerintahan.

Untuk menyikapi kondisi itu, Pemprov Sumut juga telah mengambil kebijakan untuk meningkatkan kinerja dalam penyampaian informasi.

Ia mencontohkan keputusan meningkatkan eselon pejabat humas yang memiliki kewenangan dalam menyebarkan berbagai informasi dan kebijakan pembangunan yang disiapkan Pemprov Sumut dengan menempatkan pejabat setingkat kepala biro.

"Dulu (pejabat humas) hanya eselon empat, sekarang sudah eselon dua," katanya.