Danrem bantu petani berantas hama

id hama, tanaman, padi, serangga, sawah, danrem gapo, kunto arief, Pagasso LTA 04044 Tekno, danrem

Palembang  (Antarasumsel.com) - Komandan Korem 044 Garuda Dempo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo membantu petani daerah itu dalam bentuk peralatan memberantas hama yang kini sering menyerang tanaman.

"Bantuan peralatan penangkap serangga yang diberi nama "Pagasso LTA 04044 Tekno" akan diuji coba," kata dia dalam siaran persnya yang diterima Antara di Palembang, Senin.

Menurut dia, teknologi untuk menangkap serangga itu yakni suatu alat menggunakan "solar cell light trap automatically atau dengan memanfaatkan cahaya lampu UV untuk menarik perhatian yang dikombinasikan dengan sinar surya.

Inovasi itu bermula saat Danrem 044/Gapo menerima keluhan para petani terhadap serangan hama tanaman padi yang disampaikan acara panen dan tanam padi bersama di Desa Gelebek Dalam Kabupaten Banyuasin belum lama ini..

Sehubungan itu permasalahan tersebut menjadi perhatian pihaknya dan akhirnya terciptalah inovasi alat penangkap serangga dengan diberi nama Pagasso LTA-04044 Tekno sekaligus diuji coba.

Alat tersebut mempunyai keunggulan dibanding menggunakan pestisida di antaranya petani, ekosistem dan hasil panen  menjadi sehat, ujar dia.

Selain itu kerjanya otomatis, tidak meninggalkan residu dan menimbulkan kekebalan terhadap hama serta peluang hasil panen luas, kata dia.

Sementara Dandim 0401/Musi Banyusian Letkol Czi Mulyadi menyatakan, TNI bagian dari rakyat yang ikut bertanggung jawab dalam keberhasilan pembangunan nasional di antaranya percepatan swasembada pangan.

Alat tersebut diuji coba pada lahan tanaman padi di Desa Merah Mata Kecamatan Banyuasin I Kabupaten Banyuasin yang manfaatnya sangat efektif memberantas berbagai macam serangga seperti wereng coklat, walang sangit, kupu-kupu dan hama lainnya.

Dengan adanya alat pembasmi serangga itu diharapkan panen semakin meningkat dan kesejahteraan petani bertambah.

Dalam acara uji coba tersebut juga hadir kelompok tani, Dandenpal-A 02-12-04 Mayor Cpl Ramin, Danramil-07 Mariana Kapten Inf H Daspini. AS, Camat Banyuasin I Nova Redy, PPL Ahmad Jarkasih termasuk Kades.