Rupiah selasa pagi menguat menjadi Rp13.342

id Rupiah, Nilai tukar, itransaksikan antarbank, di posisi, Kepala Riset Monex Investindo Futures, Biro Investigasi Federal,

Rupiah selasa pagi menguat menjadi Rp13.342

Tumpukan uang Rupiah (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/Ang)

Jakarta (Antarasumsel.com) - Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antar bank di Jakarta pada Selasa pagi bergerak menguat sebesar 20 poin menjadi Rp13.342, dibandingkan sebelumnya di posisi Rp13.362 per dolar AS.

"Data neraca perdagangan Indonesia yang mencatatkan surplus dan kembali dinaikannya peringkat Indonesia oleh JP Morgan cukup mempengaruhi pergerakan rupiah," kata analis Binaartha Sekuritas Reza Priyambada di Jakarta, Selasa.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa neraca perdagangan Indonesia pada periode Januari-Desember 2016 mengalami surplus sebanyak 8,78 miliar dolar AS. Sementara pada periode Desember 2016 neraca perdagangan Indonesia surplus 992,1 juta dolar AS.

Ia mengemukakan bahwa JP Morgan menaikkan peringkat Indonesia menjadi "neutral" dari sebelumnya "underweight". Hal itu didasari kondisi pasar keuangan di negara berkembang, termasuk Indonesia yang terbukti masih dapat bertahan meski sempat terguncang pasca terpilihnya Donald Trump menjadi presiden AS.

"Kendati demikian, pelaku pasar diharapkan tetap mewaspadai dan mencermati berbagai sentimen yang muncul selanjutnya yang dapat berpotensi membuat arah rupiah bergerak berbalik arah," katanya.

Ekonom Samuel Sekuritas Rangga Cipta menambahkan bahwa fluktuasi mata uang rupiah masih didukung oleh penguatan di pasar surat utang negara (SUN).

Sentimen selanjutnya, lanjut dia, fokus pelaku pasar akan beralih ke hasil Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG BI) yang akan disimpulkan Kamis pekan ini. Diperkirakan Bank Indonesia belum mengubah suku bunga acuan (BI 7-Day Repo Rate).