Sumsel minta desa maksimalkan padat karya

id padat karya, pemprov sumsel, pemerintah pusat, dana desa, Bantuan pemerintah, Ahkmad Najib, Asisten Pemerintahan, Kesra Setda Sumsel

Sumsel minta desa maksimalkan padat karya

Ahmad Najib (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang (Antarasumsel.com) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel) meminta pemerintah desa memaksimalkan program padat karya pada pelaksanaan berbagai pekerjaan dengan bantuan dari pemerintah pusat.

"Bantuan pemerintah pusat harus dimanfaatkan untuk memaksimalkan program padat karya supaya masyarakat semakin sejahtera," kata Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Sumsel Ahmad Najib di Palembang, Selasa.

Menurut dia, bantuan untuk masyarakat desa tersebut memang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Ia menyebutkan bantuan desa itu antara lain digunakan untuk pembangunan infrastruktur dan penguatan lembaga perekonomian.

"Untuk infrastruktur pengerjaannya bisa melalui program padat karya supaya warga desa semakin sejahtera," kata dia.

Selain itu, program tersebut merupakan upaya dalam mengurangi masyarakat miskin yang ada di kabupaten dan kota.

Ia menyebutkan berbagai upaya Pemprov Sumsel dalam mengurangi kemiskinan antara lain melaksanakan Gerakan Terpadu Serentak Semesta Menuju Rumah Tangga Mandiri atau Gertak Sejuta Mandiri.

"Program tersebut dilaksanakan dengan menggandeng mitra terkait termasuk BUMN yang ada," ujar dia.

Dia mengatakan melalui program tersebut diharapkan masyarakat memiliki basis data terpadu yang bisa dimanfaatkan untuk membangun rumah tangga mandiri.

"Yang jelas Pemprov Sumsel terus berupaya mengurangi angka kemiskinan sehingga masyarakat menjadi sejahtera," tambah dia.